You are currently viewing Perusahaan Pertambangan Oli dan Gas Harus Memiliki Petugas Ahli K3

Perusahaan Pertambangan Oli dan Gas Harus Memiliki Petugas Ahli K3

Sertifikasi K3 – Pekerjaan dengan potensi bahaya tinggi memerlukan perhatian khusus. Seperti dunia pertambangan oli dan gas, yang mana memiliki potensi bahaya yang besar. Tidak jarang dalam dunia kerja dan industri oli dan gas  kecelakaan kerja bisa saja terjadi. Dimana kecelakaan tersebut dapat mengakibatkan kerugian baik bagi pekerja, perusahaan atau lingkungan sekitar. Bahkan kecelakaan kerja yang terjadi juga dapat menelan korban luka maupun korban jiwa. Oleh karena itu, pemberlakuan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dalam aktivitas pertambangan oli dan gas menjadi suatu keharusan.

Pemberlakuan Sistem Manajemen K3 (SMK3) tidak hanya menjadi persyaratan pemerintah yang harus ditaati dan dipatuhi. Namun, pemberlakuan Sistem Manajemen K3 (SMK3) tersebut menjadi upaya dalam mencegah resiko terjadinya kecelakaan kerja. Perusahaan yang bergerak dalam dunia pertambangan oli dan gas harus menjadikan K3 sebagai bentuk kebutuhan untuk setiap individu yang bekerja atau terlibat dalam kegiatan pertambangan. Karena setiap orang yang bekerja memiliki hak untuk memperoleh kesehatan dan keselamatan yang terjamin. Sehingga, sertifikasi K3 menjadi syarat yang harus dipenuhi dengan baik.

Peran Sistem Manajemen K3 (SMK3) dalam mengupayakan kesehatan dan keselamatan kerja amat penting. Khususnya bagi industri kerja dan dunia pertambangan oli dan gas yang memiliki risiko bahaya tinggi. Kecelakaan kerja tentu tidak diinginkan oleh semua pihak, selain dapat menimbulkan kerugian finansial, ini juga dapat menimbulkan penderitaan bagi korban. Selain itu, terjadinya kecelakaan kerja juga dapat mempengaruhi citra dan reputasi perusahaan itu sendiri. Guna mencegah dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan tersebut, perusahaan perlu membekali para pekerja dan petugas lainnya dengan pelatihan K3.

Training atau pelatihan K3 oli dan gas memiliki tujuan yang penting. Dimana pelatihan tersebut tidak hanya dilakukan untuk memperoleh sertifikasi K3 sebagai bukti atas kemampuan dan kompetensi mereka. Tapi juga penting untuk memberikan ilmu dan pengetahuan terkait dengan pelaksanaan Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang baik dalam dunia kerja sesuai bidang pekerjaan mereka. Setelah mengikuti pelatihan K3, diharapkan para peserta mampu memahami potensi bahaya pada proyek pertambangan dengan baik. Kemudian mengetahui dengan baik peraturan-peraturan pemerintah perihal penerapan K3 dan langkah-langkah dalam penyusunan program Sistem Manajemen K3 (SMK3). Serta mampu memahami  kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi dan solusinya.

Baca Juga: Fungsi Penting Izin Kerja (Work Permit) untuk Pekerjaan Berisiko Tinggi

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan oli dan gas sebaiknya memiliki tenaga ahli K3. Yang mana memiliki tugas dan tanggung jawab khusus dalam mengurusi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara optimal. Karena hal tersebut penting dalam menunjang  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja tersebut. Lebih lanjut, tenaga ahli K3 tersebut juga memiliki tugas penting untuk selalu mengingatkan para karyawan mengenai standar keselamatan saat bekerja. Seorang ahli K3 juga harus mampu mengatasi kecelakaan dan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Seorang ahli K3 haruslah mendapatkan pelatihan dan memiliki sertifikasi K3 agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan sertifikasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.