PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

HSE Plan
 

HSE Plan merupakan singkatan dari health and safety environment plan. HSE ini sendiri merupakan sebuah dokumen referensi yang digunakan untuk proses kontrak dan harus berada di bagian persetujuan atau agreement.  Secara keseluruhan, HSE plan merupakan dokumen yang terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di mana dokumen inilah yang menentukan apa yang harus dipenuhi pada tahap life cycle kontrak maupun langkah yang dibutuhkan oleh siapa dan kapan pelaksanaannya.  Pada dasarnya, HSE plan sangat penting karena merupakan syarat awal dari kontraktor untuk mendaftar pada sebuah tender, baik di sektor minyak dan gas maupun konstruksi. Oleh karena itu, sangat banyak kontraktor yang membutuhkan HSE plan agar mendapatkan penilaian yang bagus dari tender.

Dalam proses pembuatan HSE plan terdapat tiga hal penting. Pertama ialah proses, di mana klien dapat meminta para peserta tender untuk menyiapkan HSE plan yang sesuai dengan syarat yang diajukan klien. Pada proses perjalanan kontrak, HSE plan bisa saja diaudit untuk memastikan pelaksanaannya. Hal penting yang kedua pada pembuatan HSE plan ialah HSE plan ceklis.  Di dalam HSE plan ceklis ini memuat kerangka kerja terstruktur dan terorganisasi untuk proses dan pekerjaan sebuah perusahaan yang diterapkan agar memenuhi keinginan dari operating management system. Dan yang terakhir ialah isi atau layout dari HSE plan. Pada dasarnya, di dalam layout HSE plan terdiri atas beberapa bagian penting yang dimulai dari executive summary, skup dan jadwal dari kerja atau proyek, manajemen sistem HSE dan manajemen risiko, respon terhadap gawat darurat hingga bagian monitoring performa, pengembangan berkelanjutan dan pelaporan.

Pembuatan HSE plan atau yang biasa juga disebut rencana K3L ini bukanlah sekedar dokumen saja. Di dalam HSE plan memuat serangkaian aturan kesehatan, keselamatan, dan berbagai kegiatan atau proyek yang akan dilaksanakan.

Jika organisasi atau perusahaan Anda sedang membutuhkan pelatihan mengenai HSE plan ini maka PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra yang tepat untuk perusahaan Anda. PT. Ayana Duta Mandiri yang telah memiliki banyak pengalaman dalam berbagai bidang pelatihan maupun sertifikasi tentu akan mampu menopang Anda maupun perusahaan Anda dalam pembuatan HSE plan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?