Ayana Duta Mandiri

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah  istilah yang merujuk pada alat pemadaman yang ringan dan dapat dioperasikan oleh satu orang saja. Alat pemadam ini memiliki berat sekitar 0,5kg hingga 16 kg dengan penggunaannya yang manual sehingga dapat langsung diarahkan ke api bagian terluar menuju titik terdalam.  APAR dikenal sebagai alat pemadam api portable karena mudah diangkat kemana-mana, namun tetap gesit dan tepat sasaran dalam menanggulangi awal kebakaran. Karena beratnya yang cukup ringan dan mudah dicapai, fungsi alat pemadam ini lebih dikhususkan pada penanganan kebakaran dini, dimana peletakannya harus pada tempat-tempat tertentu dan mudah terlihat.

Mengenal Jenis-Jenis APAR

Jika zat pemadam api umumnya ditemukan dalam bentuk air, namun pada alat pemadam APAR ini terdapat berbagai jenis zat yang digunakan. Oleh karena itu, beriku adalah referensi untuk Anda mengenai apa saja jenis dari APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tersebut:

  1. Jenis Air (Water)

Sistem kerja dari jenis APAR air ini terdiri dari 2 bentuk, yaitu stored pressure type (tersimpan bertekanan) dan gas cartridge type (tabung gas). Alat pemadam api berjenis air ini sangat cocok digunakan untuk pemadaman kebakaran kelas A.

  1. Jenis Busa (Foam)

Jenis busa juga termasuk bahan pemadam api yang cukup efektif untuk situasi kebakaran yang material utamanya adalah minyak. Pembuatan zat busa ini umumnya dari bahan tepung aluminium sulfat dan natrium bicarbonat yang dicampur dan dilarutkan dalam air.

  1. Jenis Tepung Kimia Kering (Dry Chemical Powder)

Jenis APAR satu ini berisi 2 jenis bahan kimia, yaitu Sodium Bicarboanat dan Natrium Bicarbonat, serta juga menggunakan Gas nitrogen sebagai pendorongnya. Jenis ini efektif untuk kebakaran pada kelas B maupun C, namun juga bisa untuk kelas A.

  1. Jenis Halon

APAR jenis ini umumnya lebih efektif dalam penggunaannya untuk kebakaran kelas B dan C, dimana didalamnya termasuk kebakaran jenis cairan yang mudah terbakar dan peralatan listrik bertegangan.Unsur kimia pembuatnya adalah chlorine, flourine, bromide dan iodine.

  1. Jenis CO2

Bahan pemadam jenis CO2 juga cukup efektif untuk pemadaman kebakaran kelas B (minyak) maupun C (listrik). Karena terbuat dari CO2, jenis ini berfungsi untuk mengurangi kadar oksigen yang dapat memicu semakin besarnya nyala api.

Pelatihan Penggunaan APAR

Setelah mengenal pemanfaatan dan jenis-jenis dari APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini, menjadi cukup penting juga kiranya untuk suatu perusahaan maupun institusi tertentu untuk selalu menyiapkan jenis pemadam ini di sekitar area gedungnya. Sementara itu, karena penggunaan alat pemadam ini juga tidak sembarangan dan memiliki teknik-teknik tertentu, pelatihan penggunaan APAR juga menjadi cukup penting untuk dilakukan.

PT Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra yang tepat bagi perusahaan atau institusi tertentu yang memerlukan pelatihan seperti itu. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam bidang manajemen keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik dalam hal ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?