You are currently viewing Perusahaan Perlu Bekali Pekerja Kemampuan Job Safety Analyst (JSA) Melalui Pelatihan K3

Perusahaan Perlu Bekali Pekerja Kemampuan Job Safety Analyst (JSA) Melalui Pelatihan K3

Pelatihan K3 – Suatu pekerjaan pastinya memiliki resiko tersendiri. Setiap bidang pekerjaan tentu memiliki berbagai kemungkinan terjadinya insiden atau risiko bahaya. Yang mana hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian baik itu secara fisik maupun materiil. Mengetahui dan mengenali faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan munculnya bahaya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Penggunaan metode yang tepat sebagai tindakan perbaikan dan pencegahan perlu dilakukan melalui sistem manajemen K3.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah unsur penting dalam upaya memelihara lingkungan kerja yang aman dan sehat. Perusahaan maupun karyawan dan personil lain dalam lingkungan kerja memiliki tanggung jawab yang sama. Dimana mereka sama-sama bertanggung jawab dalam menekan berbagai resiko atau bahaya yang berdampak bagi keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja. Sehingga, pengenalan sebuah metode analisis keamanan kerja atau Job Safety Analyst (JSA) diperlukan. Hal ini diperlukan untuk bisa mengimbangi penerapan sistem manajemen K3 secara optimal dalam suatu perusahaan.

Job Safety Analyst (JSA) dapat diartikan sebagai suatu upaya dalam menganalisis dan mempelajari setiap urutan langkah kerja di dalam suatu pekerjaan. Proses analisis tersebut kemudian dilanjutkan dengan melakukan identifikasi berbagai potensi bahaya yang mungkin dapat terjadi. Dimana selanjutnya ditentukan sebuah upaya terbaik dalam mencegah dan mengendalikan risiko dan potensi bahaya tersebut. Kemampuan Job Safety Analyst (JSA) ini tentu sangat penting untuk memenuhi kriteria pelatihan K3.

Penerapan pedoman K3 di lingkungan kerja atau tempat kerja merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Penerapan K3 tersebut tidak lain bertujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan atau tempat kerja yang aman dan sehat. Serta, ditujukan untuk menekan angka kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi. Penerapan K3 tersebut dilaksanakan dengan membangun prosedur kerja yang tepat.

Selanjutnya, membentuk operasi kerja yang sistematis, dan memastikan setiap pekerja telah memperoleh pelatihan K3 dengan benar. Karena hal tersebut dapat membantu pencegahan resiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang ada di lingkungan kerja.

Baca Juga: Inilah Alasan Kuat Mengapa Training K3 Diperlukan

Dalam langkah penentuan prosedur kerja yang tepat perlu didukung dengan metode analisis bahaya di lingkungan area kerja. Dimana hasil dari analisis bahaya yang telah dilakukan tersebut kemudian dapat digunakan sebagai upaya dalam meminimalkan bahaya di area kerja. Dengan metode Job Safety Analyst (JSA) penerapan sistem manajemen K3 bisa terlaksana dengan baik.

Sehingga upaya dalam mengurangi jumlah cedera dan penyakit akibat kerja, absen pekerja, serta biaya kompensasi bagi pekerja bisa dilakukan secara optimal. Job Safety Analyst (JSA) menjadi unsur yang penting dalam melatih para pekerja agar dapat mengambil tindakan-tindakan yang tepat dan aman selama bekerja.

K3 telah menjadi dasar untuk bisa bekerja secara aman dan nyaman. Penerapan K3 sendiri merupakan upaya menuju lingkungan kerja yang aman. Memperoleh pelatihan K3 tentu diperlukan dalam dunia kerja. Dimana dalam sistem manajemen K3 dibutuhkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kemungkinan resiko bahaya dan potensi bahaya yang bisa merugikan pekerja dan perusahaan.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.