You are currently viewing Inilah Alasan Kuat Mengapa Training K3 Diperlukan

Inilah Alasan Kuat Mengapa Training K3 Diperlukan

Training K3 – Terciptanya dunia kerja yang produktif perlu ditunjang oleh berbagai aspek. Salah satunya yaitu aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dalam dunia kerja, aspek K3 menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik guna terselenggaranya lingkungan kerja yang aman dan nyaman serta produktif. Penerapan K3 dalam lingkungan kerja tidak hanya penting untuk menjamin keselamatan para tenaga kerja. Namun, ini juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan produktivitas para tenaga kerja secara signifikan.

Setiap bidang pekerjaan memiliki resiko masing-masing. Dalam hal ini peran K3 dalam setiap pekerjaan cukup vital. Karena penerapan K3 menjadi sebuah upaya untuk mencegah risiko tersebut. Bergantung pada bidang pekerjaan yang dilakukan, training K3 perlu dilakukan perusahaan guna membekali karyawannya dengan pengetahuan K3. Dengan pelatihan dan sertifikasi pekerja dapat memiliki kompetensi keahlian K3 sesuai dengan dasar kompetensi yang ada. Hal tersebut tidak hanya bermanfaat bagi para pekerja, tapi juga bisa membangun citra positif dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap perusahaan wajib melaksanakan upaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal tersebut penting untuk melindungi keselamatan para tenaga kerja dan sarana produksi yang ada. Maka dari itu, diperlukan para tenaga ahli dan personel ahli K3 yang profesional dan kompeten dalam bidangnya. Dimana mereka mampu mengembangkan, mengkoordinir, memfasilitasi dan melaksanakan program-program K3 dalam perusahaan. Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya diperlukan pembinaan dan pengembangan kompetensi K3 pada berbagai bidang keahlian dan bidang kegiatan.

Untuk bisa memenuhi tuntutan dunia kerja diperlukan standar kompetensi bagi ahli K3 yang telah diakui. Salah satu bidang kompetensi K3 yang diperlukan dalam dunia kerja yaitu ahli K3 Umum. Diperlukan training K3 untuk bisa menjadi Ahli K3 Umum yang profesional dan kompeten dalam bidangnya. Melalui training atau pelatihan tersebut, anda akan dipersiapkan secara matang untuk bisa memiliki skill dan sertifikasi kompetensi Ahli K3 Umum. Sertifikasi ini diperlukan untuk bisa menjadi Ahli K3. Ini merupakan bentuk pembinaan agar  anda memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang K3 dalam rangka mengendalikan risiko di tempat kerja.

Baca Juga: Perlunya Sertifikasi K3 Bagi Para Ahli K3 Konstruksi

Sertifikasi kompetensi K3 adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi. Dimana prosedur tersebut mengacu pada standar kompetensi kerja baik itu yang bersifat nasional maupun bersifat internasional. Memiliki sertifikasi kompetensi sebagai Ahli K3 maka anda akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang telah dikuasai. Dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi tersebut adna mampu mengetahui, mengerti dan menguasai  segala aspek K3. Serta mampu melaksanakan persyaratan K3 sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku.

Dengan mengikuti training K3, diharapkan seseorang telah mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai pekerja. Kemudian mampu menerapkan prosedur operasi yang aman ditempat kerja, yang mana bertujuan untuk menghindari potensi bahaya. Serta memperoleh sertifikat kompetensi profesi di bidang K3 dari lembaga terkait sebagai bukti keahliannya. Karena kompetensi dan keahlian SDM yang membidangi K3 sangatlah diperlukan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja baik bertaraf nasional maupun internasional. Oleh karenanya, training K3 perlu untuk dilakukan guna memperoleh sertifikasi sebagai ahli K3.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has 2 Comments

Comments are closed.