You are currently viewing Pentingnya Pelatihan K3 Bagi Petugas Operator Alat Berat

Pentingnya Pelatihan K3 Bagi Petugas Operator Alat Berat

Pelatihan K3 – Dalam berbagai bidang pekerjaan terutama pekerjaan berat seperti konstruksi, K3 sangatlah penting diterapkan. Seiring dengan peningkatan pembangunan dalam segala bidang, tentu diiringi dengan meningkatnya potensi kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Dalam meningkatkan kapasitas dan efektivitas dalam proses produksi,  penggunaan alat dan alat berat tentu memiliki peran yang penting. Namun hal tersebut juga memiliki dampak risiko yang cukup besar terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja. Pengetahuan K3 sangatlah dibutuhkan bagi para pekerja khususnya petugas operator Alat Berat.

Alat berat merupakan segala macam jenis peralatan termasuk attachment dan implemennya. Baik itu yang bergerak dengan tenaga sendiri (self propelled) atau alat yang ditarik (towed-type). Maupun alat yang diam ditempat (stasioner) dan mempunyai daya lebih dari satu kilo-watt, yang mana dipakai untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan konstruksi. Dalam pengoperasian alat berat tentu ada banyak hal dan aspek penting yang harus diperhatikan dengan cermat dan teliti. Mulai dari keterampilan dan kemampuan operator, prosedur pengoperasian alat, aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) hingga aspek perawatan dan troubleshooting.

Alat berat merupakan peralatan teknik yang memiliki potensi dan resiko bahaya tinggi. Yang mana dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja apabila tidak ditangani dengan baik dan benar. Oleh karenanya, petugas operator alat berat haruslah sudah mengikuti pelatihan K3 operator alat berat. Karena penggunaan alat berat seperti Excavator, Loader, Bulldozer, Dump Truck, Trailer, Side Boom, dan lainnya perlu dilakukan dengan prosedur dengan baik dan benar. Hal tersebut perlu dilakukan guna mencegah dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan kerugian. Baik kerugian terhadap harta  atau materi maupun jiwa manusia.

Pelatihan K3 sangat penting bagi operator alat berat, dan menjadi persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh petugas operator alat berat. Karena operator alat berat memiliki tugas yang penting serta tanggung jawab besar dalam mengoperasikan alat berat dengan aman. Pelatihan tersebut dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan dalam bidang konstruksi guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan lebih maksimal. Para petugas operator alat berat yang memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, berperan penting dalam penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Baca Juga: Program Training K3 Laboratorium untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Petugas operator alat berat yang kompeten, tentu dapat meminimalkan risiko kecelakaan selama pengoperasian peralatan tersebut. Melalui pelatihan K3 operator alat berat, petugas operator dapat memiliki kompetensi yang baik. Karena tujuan pembinaan K3 bagi operator Alat Berat yaitu untuk mencegah dan mengurangi angka kecelakaan kerja akibat kurangnya kemampuan dan pengetahuan teknis dalam mengoperasikan Alat Berat. Setelah mengikuti program pelatihan tersebut, para peserta pelatihan diharapkan mampu:

  • Menjelaskan tentang peraturan dan perundangan yang berlaku terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja.
  • Meningkatkan kompetensi yang dimiliki sebagai operator alat berat.
  • Menjelaskan dan melaksanakan dengan baik keselamatan kerja dalam pengoperasian alat alat berat.
  • Menjelaskan dengan  baik tentang fungsi perlengkapan alat berat.
  • Melaksanakan dengan baik pengoperasian alat berat dengan aman.
  • Menjelaskan dan melaksanakan perawatan serta pemeriksaan sesuai anjuran pabrik.
  • Meminimalkan resiko kecelakaan kerja.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.