You are currently viewing Tentukan Kapan Harus Mengganti Peralatan dengan Pemeriksaan Peralatan Perlindungan Jatuh

Tentukan Kapan Harus Mengganti Peralatan dengan Pemeriksaan Peralatan Perlindungan Jatuh

Pelatihan K3 – Salah satu pertanyaan paling umum yang diajukan dalam industri perlindungan jatuh dari ketinggian adalah tentang masa pakai peralatan. Anda harus selalu melakukan inspeksi peralatan pelindung jatuh dari ketinggian sebelum menggunakannya. Tetapi saat mengganti peralatan, itu harus dilakukan setiap lima tahun. Hubungi kami untuk membantu Anda melakukan pemeriksaan atau inspeksi untuk Anda.

Cara Menentukan Kapan Mengganti Peralatan Perlindungan Jatuh

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengingat aturan lima tahun, tetapi tidak mengikutinya sebagai kebenaran yang pasti dan cepat. Peralatan berat yang digunakan untuk melindungi Anda, dan yang dirancang untuk menangani ratusan atau bahkan ribuan kilogram tidak akan berhenti bekerja karena peralatan tersebut adalah hari pertama dari tahun keenam. Banyak produsen akan memberi Anda rekomendasi umur atau masa pakai dengan produk mereka.

Tanda-tanda penggantian

Saat Anda melakukan inspeksi peralatan pelindung jatuh dari ketinggian, Anda harus memeriksa tanda-tanda perlunya mengganti peralatan Anda. Oleh karena itu, alih-alih mencari tahu kapan Anda harus mengganti peralatan Anda, Anda harus membiasakan diri dengan tanda dan kondisi peringatan yang menyarankan penggantian peralatan harus segera dilakukan.

Tanda peringatan

Saat Anda melakukan inspeksi peralatan pelindung jatuh dari ketinggian, Anda harus mencari tanda-tanda peringatan tersebut. Setiap peralatan yang menunjukkan bahwa ada cacat, penurunan kualitas, atau kerusakan pada mereka yang harus diganti.

Selanjutnya,  pemeriksaan peralatan pelindung jatuh dari ketinggian hanya boleh dilakukan oleh orang yang berwenang pada setiap awal shift. Sebagai majikan, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa ada seseorang di setiap shift yang dapat melakukan inspeksi untuk memastikan bahwa tidak peduli berapa lama Anda memiliki peralatan yang siap digunakan.

Baca Juga: Bersiaplah dalam Keadaan Darurat di Tempat Kerja dengan Pelatihan Pertolongan Pertama

Pengusaha harus mengambil dua fase utama sebagai informasi penting dalam hal peralatan perlindungan jatuh dari ketinggian. Tahap pertama adalah harus ada inspeksi peralatan jatuh setiap kali siap digunakan. Artinya, memastikan tidak ada keretakan, tidak ada kerusakan, tidak ada korosi, dan tidak ada keausan, terpotong, terbakar, atau muncul minyak aneh pada peralatan.

Tahap kedua yang tidak boleh Anda lupakan adalah mendapatkan seseorang yang kompeten dan terlatih oleh sumber yang kredibel untuk memastikan bahwa peralatan tersebut aman untuk digunakan secara teratur.

Inspeksi Profesional untuk Keselamatan Perlindungan Jatuh dari Ketinggian

Selain pemeriksaan yang dilakukan sebelum setiap penggunaan, undang-undang mengharuskan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dilakukan setiap tahun untuk mengetahui masalah apa pun yang mungkin tidak disadari atau dikacaukan oleh seseorang yang menggunakan peralatan secara teratur. Karyawan Anda seharusnya telah mempelajari pedoman inspeksi dasar dalam pelatihan perlindungan jatuh mereka.

Untuk memberikan karyawan Anda untuk pelatihan K3 perlindungan jatuh dari ketinggian, atau untuk membutuhkan inspeksi tahunan Anda, hubungi kami! Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan apa pun, dan melakukan apa yang kami bisa untuk memastikan tempat kerja Anda seaman mungkin.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has 2 Comments

Comments are closed.