You are currently viewing Peran Penting Pertolongan Pertama (First Aid)

Peran Penting Pertolongan Pertama (First Aid)

Sertifikasi K3 – Menciptakan kondisi lingkungan kerja yang aman dan nyaman adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Seperti yang kita ketahui bersama, setiap jenis pekerjaan memiliki resiko masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan industri untuk menerapkan prosedur K3 sebagai upaya pencegahan risiko tersebut. Selain itu, memiliki petugas ahli K3 untuk Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau P3K juga perlu mendapat perhatian khusus.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) atau yang juga dikenal dengan istilah first aid adalah langkah penting untuk mencegah parahnya kondisi kecelakaan. Tindakan pertolongan pertama atau first aid terhadap korban kecelakaan sangatlah penting agar kondisi korban tidak bertambah parah dan tidak berakibat fatal. Meskipun pertolongan pertama atau first aid bukanlah langkah pengobatan yang begitu sempurna dan langsung berefek, namun tindakan P3K di tempat kerja memiliki banyak manfaat. Ini sangat penting dalam mencegah keparahan cedera, mengurangi penderitaan, bahkan dalam menyelamatkan nyawa para korban.

Kecelakaan kerja di tempat kerja memang bukanlah sesuatu yang diinginkan. Walau begitu, potensi kecelakaan tersebut tetap ada baik itu karena faktor human error atau lainnya. ketika kecelakaan kerja terjadi tindakan first aid memiliki manfaat yang sangat penting. Dengan melakukan tindakan first aid selama kecelakaan di tempat kerja, maka dapat mencegah situasi yang semakin buruk. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki petugas ahli first aid atau P3K yang telah memiliki sertifikasi K3.

Penting bagi perusahaan untuk menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di tempat kerja. Ketersediaan fasilitas dan petugas first aid atau P3K di dalam perusahaan merupakan wujud kepedulian terhadap para pekerja. Tersedianya fasilitas P3K dan petugas ahli P3K dengan sertifikasi K3, perusahaan dapat mengurangi berbagai konsekuensi yang disebabkan oleh kecelakaan kerja.  Berikut fasilitas P3K yang harus ada di tempat kerja, seperti:

Ruang Pertolongan Pertama

Sebuah ruangan yang dirancang khusus untuk penanganan pertama atau tindakan first aid harus disediakan dengan baik. Ini sangat penting untuk memberikan tindakan first aid pada para pekerja yang mengalami kecelakaan dan sebagai tempat perawatan bagi pekerja yang sakit saat bekerja.

Lemari atau Kotak P3K dan Isinya

Kotak P3K (first aid) adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan dan obat-obatan P3K. Selain dipasang pada ruang P3K, kotak-kotak tersebut juga perlu dipasang pada beberapa tempat yang mudah terlihat dan dijangkau oleh para pekerja.

Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja di Dalam Ruang Terbatas (Confined Space)

Alat Evakuasi dan Transportasi

Peralatan evakuasi yang dimaksud tersebut bisa berupa peralatan yang digunakan untuk memindahkan korban kecelakaan kerja. Alat evakuasi dibutuhkan untuk memindahkan korban kecelakaan kerja dari lokasi kecelakaan menuju ke tempat yang lebih aman.

Petugas Pertolongan Pertama (First Aid)

Petugas pertolongan pertama (P3K) dalam perusahaan sangat diperlukan. Seorang petugas K3 haruslah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menangani korban kecelakaan kerja. Petugas P3K yang profesional dan terlatih biasanya tentunya mampu menghadapi berbagai situasi kecelakaan kerja. Dengan begitu dapat mengurangi risiko keparahan akibat kecelakaan kerja. Seorang petugas ahli P3K haruslah memiliki sertifikasi K3.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan sertifikasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.