Ayana Duta Mandiri

Salah satu resiko kecelakaan kerja yang juga cukup sering terjadi, yaitu jatuh dari ketinggian tempatnya bekerja. Beberapa penyebab dari kecelakaan kerja tersebut berhubungan dengan perancah (scaffolding). Tak hanya karena ketinggian, kecelakaan yang terjadi akibat penggunaan perancah juga disebabkan oleh lemahnya papan lantai kerja.

Perancah (Scaffolding) sendiri merupakan bangunan paltform atau peralatan yang dibuat sebagai penyangga tenaga kerja untuk sementara waktu.Hal ini berkaitan dengan alat dan bahan pada setiap pekerjaan konstruksi bangunan termasuk pekerjaan pemeliharaan dan pembongkaran. Penggunaan perancah yang tepat serta sesuai panduan adalah kunci keselamatan dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengannya. Hal ini umumnya dapat ditemukan dalama panduan safety scaffolding.

Resiko Bahaya Penggunaan Perancah (Scaffolding)

Pada dasarnya keselamatan dalam penggunaan scaffolding sangat bergantung dari kualitas keamanan dari perancah itu sendiri. Pasalnya, jika hal ini dihiraukan, potensi bahaya besar bisa saja terjadi. Misalnya, jika suatu usaha konstruksi tidak menerapkan konsep safety scaffolding, pekerja yang bekerja di atas scaffolding memiliki resiko terjatuh dari ketinggian, sedangkan pekerja yang berada di bawahnya bisa saja tertimpa perancah atau material dari perancah. Berikut ini adalah beberapa potensi bahaya lain yang berhubungan dengan penggunaan perancah:

  • Runtuhnya sebagian atau seluruh material perancah akibat beban berlebihan atau kegagalan komponen.
  • Pekerja yang beraktivitas di bawah juga beresiko tertimpa benda-benda yang jatuh dari perancah.
  • Terpeleset dan terjatuh dari ketinggian perancah karena lantai yang kotor dan licin.
  • Tersengat aliran listrik.

Pelatihan Safety Scaffolding

Karena pentingnya standar keamanan dari perancah atau Scaffolding ini bagi keselamatan para pekerja, maka  sangat penting juga jika bagian ini dipasang oleh pekerja yang memang ahli dan senantiasa dicek kondisinya sebelum digunakan. Perancah yang telah sesuai panduan keamanan harus disediakan untuk setiap jenis pekerjaan yang melibatkan ketinggian.

PT. Ayana Duta Mandiri yang telah berpengalaman dalam bidang manajemen keselamatan dan keamanan kerja dapat menjadi partner terbaik bagi yang membutuhkan pelatihan terkait Safety Scaffolding ini. Secara garis besar, keuntungan dari pelatihan ini, yakni para pekerja yang bertugas untuk merancang perancah dapat melakukan pemasangan, perawatan, dan pembokaran perancah dengan baik dan benar, sehingga dapat berguna bagi keselamatan para pekerja serta konstruksi bangunan secara keseluruhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?