You are currently viewing Pentingnya Orientasi dan Pelatihan Keselamatan Bagi Pekerja Baru dan Masih Muda

Pentingnya Orientasi dan Pelatihan Keselamatan Bagi Pekerja Baru dan Masih Muda

Pelatihan K3 – Majikan atau pemilik bisnis bertanggung jawab penuh atas keselamatan pekerjanya. Tetapi  karyawan juga bertanggung jawab penuh untuk memahami dan mengikuti prosedur kerja yang aman. Ini adalah dasar dari tempat kerja yang aman dan sehat.

Sifat pekerja musiman berarti bahwa semakin sedikit pekerja yang dibutuhkan pada waktu yang berbeda dalam setahun. Operasi Anda mungkin memiliki campuran antara pekerja muda yang tidak berpengalaman; pekerja yang berpengalaman, tetapi baru dalam operasi bisnis Anda; dan pekerja musiman yang kembali dan mungkin mengalami perubahan yang dilakukan pada operasi bisnis selama ketidakhadiran mereka.

Sama seperti tidak ada dua operasi bisnis yang berjalan dengan cara yang sama, tidak ada dua pekerja yang memiliki banyaknya pengalaman atau pemahaman yang sama, apalagi keakraban dengan cara Anda menjalankan bisnis tertentu untuk Anda. Dengan kata lain, semua pekerja memiliki hak untuk mengetahui tentang bahaya secara khusus di tempat kerja Anda, untuk terlibat dalam kegiatan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, dan untuk menolak pekerjaan yang tidak aman bagi mereka.

Contoh mengapa pekerja muda dan pekerja baru terluka meliputi:

  • Kurangnya pengalaman
  • Kurangnya pelatihan, orientasi, dan supervisi
  • Kurangnya pemahaman tentang tempat kerja mereka
  • Kurangnya persiapan untuk tempat kerja
  • Paparan pekerjaan yang lebih berbahaya
  • Keragu-raguan untuk bertanya

Pengusaha, manajer dan supervisor dapat melakukan orientasi dan pelatihan K3 untuk pekerja beberapa kali dalam setahun secara berkala. Tidak peduli berapa kali, atau bagaimana susunan tenaga kerja Anda, adalah tanggung jawab pemberi kerja untuk mendidik pekerja tentang kebijakan, prosedur dan praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) perusahaan, dan untuk melatih pekerja dengan cara yang paling aman untuk melakukan tugas yang diberikan.

Menyertakan berbagai alat komunikasi dalam orientasi dan pelatihan keselamatan Anda akan membantu mengatasi berbagai gaya belajar dan pemahaman di antara pekerja Anda. Video, presentasi PowerPoint, atau diagram sederhana lebih mudah dipahami oleh sebagian besar individu.

Baca Juga: Pentingnya Pelatihan Keselamatan Reguler dan Selalu Update di Industri Konstruksi

Pekerja tidak boleh menerima semua informasi hanya dalam satu presentasi. Menyediakan materi dengan sumber daya tambahan, FAQ dan meluangkan waktu untuk diskusi dan pertanyaan akan membantu karyawan Anda menyerap lebih banyak informasi. Pemilik bisnis, manajer atau supervisor juga harus memantau dan menilai kemampuan karyawan untuk melakukan tugas dengan baik dan aman sampai mereka menunjukkan kompetensinya.

Mendokumentasikan proses tersebut juga penting. Dengan melakukannya akan memastikan bahwa Anda telah mencakup semua informasi. Berikan salinan atau check-list kepada setiap pekerja sehingga mereka dapat mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima orientasi dan memahami kebijakan, prosedur, dan praktik K3 operasi bisnis Anda. Dan bahwa mereka telah dilatih dengan cara yang paling aman untuk melakukan tugas yang diberikan.

Pekerja juga memiliki tanggung jawab. Pekerja harus mengikuti semua prosedur dan protokol kerja yang aman. Setiap karyawan harus dalam keadaan fit untuk bekerja pada saat tiba di tempat kerja, dan tidak boleh bekerja jika mengalami gangguan kesehatan atau kelelahan. Untuk menjaga keselamatan diri mereka sendiri dan orang lain, pekerja harus mempelajari, dan waspada terhadap bahaya kesehatan serta keselamatan. Dan mereka juga melaporkan setiap bahaya yang teridentifikasi kepada supervisor atau pengawas mereka.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.