You are currently viewing Pengetahuan yang Harus Dimiliki Petugas K3 Ahli Kebakaran (Fire Fighting)

Pengetahuan yang Harus Dimiliki Petugas K3 Ahli Kebakaran (Fire Fighting)

Sertifikasi  K3 – Dalam dunia kerja terdapat berbagai ancaman bahaya yang bisa merugikan baik materiil atau non materiil. Seperti halnya kebakaran, salah satu ancaman atau potensi bahaya yang bisa mengakibatkan korban jiwa apabila tidak dilakukan suatu upaya pencegahan yang tepat. Membekali para pekerja dengan pengetahuan K3 kebakaran menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan.

Kesadaran akan pentingnya melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran sangatlah penting. Dimana hal tersebut dapat menanamkan kesadaran akan pentingnya penerapan prosedur K3 di area kerja. Oleh karena itu, para pekerja dan tenaga ahli dalam dunia kerja membutuhkan pelatihan K3 yang memberikan mereka pengetahuan terkait pencegahan kebakaran. Sertifikasi K3 kebakaran sangat dibutuhkan untuk bisa mencegah risiko dan meminimalkan dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran.

Pelatihan Kebakaran (Fire Fighting) tidak hanya penting bagi pekerja, tapi juga sangat penting bagi sebuah perusahaan. Kerana setiap perusahaan umumnya harus memiliki divisi atau departemen yang bertugas secara khusus dalam menanggulangi kebakaran. Tim tersebut haruslah memiliki pengetahuan yang memadai agar bisa menjalankan tugas mereka secara profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut maka tim ahli K3 kebakaran (Fire Fighting) harus memiliki sertifikasi K3.

Tenaga ahli yang bertugas dalam menanggulangi kebakaran tentu membutuhkan training Fire Fighting. Hal tersebut sangat penting bagi para pekerja untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas terkait dengan kebakaran hingga sistem manajemen K3 yang tepat. Secara umum, melalui pelatihan K3 Fire Fighting, para pekerja akan memperoleh materi meliputi:

Fenomena Kebakaran

Dalam pelatihan atau training K3 Fire Fighting pembahasan pertama yang akan dibahas yaitu tentang pengertian kebakaran. Dimana api kecil bisa menyebabkan nyala yang lebih besar, dan fenomena tersebut disebut sebagai kebakaran. Bencana kebakaran tentu sangat tidak diinginkan oleh semua orang, karena dapat menimbulkan kerugian besar.

Analisa Resiko Kebakaran

Melakukan analisa potensi kebakaran penting dilakukan agar bisa mencegah datangnya musibah kebakaran. Perusahaan perlu mengetahui faktor penyebab munculnya kebakaran, apalagi bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja. Kemampuan dalam mengenali dan menganalisa jenis bahaya menjadi kunci utama mencegah resiko terjadinya kecelakaan kerja termasuk kebakaran.

Baca Juga: Pentingnya Penerapan Unsur K3 untuk Setiap Perusahaan

Tanggap Darurat Kebakaran

Para pekerja yang telah terlatih dapat mempelajari tentang tanggap darurat terhadap kebakaran. Dimana hal tersebut sangat penting dalam upaya untuk meredam kebakaran di tempat kerja. Kemampuan untuk melakukan evakuasi dengan tepat waktu merupakan syarat pengendalian kebakaran. Untuk menciptakan sikap tanggap darurat tersebut tentu dibutuhkan kerja sama yang baik dari seluruh pihak.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Sangat penting bagi tenaga ahli K3 untuk melakukan pemadaman segera mungkin begitu terdeteksi adanya kebakaran. Beberapa jenis alat pemadam kebakaran yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

  • Hydrant, sumber air yang biasa digunakan untuk memadamkan api.
  • Fire Alarm System, sistem yang mengeluarkan bunyi sebagai tanda peringatan kebakaran.
  • APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tabung yang mudah dibawa untuk memadamkan api.
  • Hydrospray, digunakan secara terbatas pada kebakaran tipe A.
  • Dry Chemical Powder, alat pemadam kebakaran berbentuk serbuk kering.
  • Gas Cair Hallon, alat yang efektif digunakan saat terjadi kebakaran dengan mengikat oksigen yang berada di sekitar titik kebakaran.

Tindakan Pencegahan Kebakaran

Langkah pencegahan kebakaran penting dilaksanakan untuk menghindari terjadinya kebakaran. Pelatihan terhadap pekerja yang kompeten dalam K3 kebakaran perlu dilakukan guna memperoleh sertifikasi K3. Dengan begitu, setiap potensi bahaya dan pengendalian dapat ditangani oleh orang ahli secara optimal.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan SERTIFIKASI K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.