You are currently viewing Pelatihan P3K (First Aid) yang Penting untuk Mendukung K3 di Tempat Kerja

Pelatihan P3K (First Aid) yang Penting untuk Mendukung K3 di Tempat Kerja

Pelatihan K3 – Setiap kegiatan pekerjaan di dalam perusahaan memiliki risiko yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja. Dimana risiko tersebut bisa berupa risiko yang ringan hingga risiko yang berat tergantung pada jenis dan bidang pekerjaannya. Kecelakaan kerja tersebut bisa terjadi karena kondisi tempat kerja maupun karena kelalaian pekerja. Disinilah aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki peran yang sangat penting. Dimana hal tersebut menjadi upaya pencegahan terhadap resiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Kecelakaan kerja yang terjadi tentu dapat membawa dampak negatif dan bisa merugikan perusahaan. Ini dikarenakan kecelakaan kerja bisa mengancam jiwa dan mengakibatkan terjadinya kerusakan properti atau fasilitas perusahaan. Hal tersebut tidak hanya dapat berdampak buruk bagi pekerja tapi juga bagi perusahaan. Dimana terjadinya kecelakaan kerja dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan bahkan citra perusahaan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, unsur K3 harus selalu ada dan dilaksanakan sebaik mungkin dalam perusahaan. Tentu hal tersebut dapat dicapai dengan pelatihan K3 yang tepat.

Sebagai upaya untuk mencegah risiko kecelakaan kerja, setiap tempat kerja harus memiliki petugas P3K (First Aider). Dimana petugas tersebut selalu siap dan mampu untuk melakukan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan kerja. Petugas P3K tentu tidak bisa ditunjuk secara sembarangan. Calon petugas P3K atau first aid tersebut tentunya harus sudah mengikuti pelatihan tentang Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K) di Tempat Kerja. Serta yang bersangkutan juga harus telah lulus sertifikasi sebagai petugas P3K dari lembaga terkait yang membuktikan kompetensinya dalam melaksanakan P3K.

P3K sendiri adalah pertolongan dan perawatan sementara yang dilakukan kepada korban saat terjadi kecelakaan. Dalam perusahaan dan tempat kerja, kegiatan pertolongan pertama pada kecelakaan ini menggunakan peralatan sederhana sebelum korban mendapatkan pertolongan yang sempurna. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pertolongan secara cepat dan tepat guna mengurangi cedera yang lebih parah. Petugas P3K tentu perlu mengikuti program pelatihan K3 First Aid atau P3K. Melalui program pelatihan tersebut, diharapkan perusahaan memiliki Ahli K3 First Aid yang mampu memberikan peran optimal dalam mengendalikan kecelakaan kerja di tempat kerja.

Tujuan Pelatihan P3K ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan P3K yang ada di tempat kerja. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petugas P3K dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja yang terjadi. Ada banyak manfaat Pelatihan P3K yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu petugas P3K dapat memahami tentang penanganan pertolongan pertama dengan baik. Kemudian, dapat meningkatkan kinerja dan keselamatan dalam perusahaan, menambah wawasan mengenai K3, serta mengetahui apa dan bagaimana yang harus dilakukan untuk menangani K3.

Baca Juga: Komponen Penting Bagi Pekerja Saat Bekerja di Ketinggian Sebagai Upaya K3

Keberadaan P3K dalam perusahaan dan tempat kerja, memberikan manfaat secara optimal dalam mencegah keparahan cedera. P3K ini juga membantu mengurangi penderitaan dan bahkan menyelamatkan nyawa korban yang mengalami kecelakaan di tempat kerja. Menyediakan fasilitas dan petugas P3K adalah hal wajib yang harus dimiliki perusahaan untuk menunjang keselamatan dan kesehatan para pekerja. Tersedia fasilitas dan petugas P3K, dapat mengurangi berbagai konsekuensi yang bisa ditimbulkan akibat kecelakaan kerja. Pelatihan K3 First Aid (P3K) penting untuk memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan P3K di tempat kerja.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has 2 Comments

Comments are closed.