You are currently viewing Manfaat Penting Pelatihan K3 Listrik Bagi Industri dan Dunia Kerja

Manfaat Penting Pelatihan K3 Listrik Bagi Industri dan Dunia Kerja

Pelatihan K3 – Listrik merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan termasuk dalam dunia industri. Kebutuhan listrik telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Karena listrik dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara. Oleh sebab itu, pemeliharaan jaringan listrik penting dilakukan untuk menjaga suplai listrik tetap tersedia. Dalam dunia industri sendiri listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung terselenggaranya setiap pekerjaan dengan baik. Setiap perusahaan harus memiliki personil ahli K3 listrik.

Istilah K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja tentu sudah tidak asing dalam dunia kerja dan industri. Bahkan, pemerintah telah mengatur penerapan Sistem Manajemen K3 yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan dalam dunia kerja dan industri. Sejalan dengan hal tersebut, maka pelatihan K3 bagi para tenaga ahli kelistrikan atau personel ahli K3 listrik sangatlah diperlukan. Tujuannya yaitu untuk mengurangi resiko kecelakaan yang tinggi dalam lingkungan kerja. Diharapkan, para tenaga Ahli K3 Listrik mampu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan K3 di perusahaan. Serta, memberikan peran optimal dalam mengendalikan resiko kecelakaan kerja.

Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya, sangat jelas bahwa perusahaan perlu melaksanakan program pelatihan Ahli K3 listrik bagi karyawannya. Hal tersebut juga sejalan dengan Permenaker yang di dalamnya memuat perencanaan, pemasangan, perubahan, dan pemeliharaan yang dilakukan oleh Ahli K3 Listrik. Posisi Ahli K3 listrik sangatlah penting dan wajib, khususnya bagi perusahaan yang memiliki daya bangkit listrik lebih dari 200 kilo Volt-Ampere.

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa pelatihan K3 listrik menjadi salah satu aspek yang paling penting dan vital. Namun perlu diperhatikan, untuk bisa menjadi seorang Ahli K3 terutama ahli K3 listrik, seseorang haruslah memiliki sertifikasi dari lembaga terkait. Sertifikasi tersebut baru bisa didapatkan setelah seseorang mengikuti pelatihan dan lulus dalam evaluasi serta ujian. Pelatihan ahli K3 listrik ini tersebut didesain secara khusus untuk mempersiapkan dan menghasilkan para tenaga Ahli K3 Listrik yang kompeten. Dimana mereka dapat melakukan identifikasi, evaluasi, dan pengendalian risiko melalui pelaksanaan K3 Listrik.

Dengan pelatihan K3 listrik ada banyak manfaat yang diperoleh para peserta. Para peserta dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian serta keterampilan mereka dalam pelaksanaan norma K3 listrik di tempat kerja. Peserta pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian serta keterampilan mereka dalam pembinaan dan pengawasan norma K3 listrik di tempat kerja. Serta meningkatkan kemampuan dan keahlian serta keterampilan peserta dalam perencanaan, pemasangan, penggunaan, perubahan, pemeliharaan dan pemeriksaan peralatan listrik. Serta, mampu melakukan pengujian instalasi, perlengkapan dan peralatan listrik secara aman di tempat kerja.

Baca Juga: Perlunya Training K3 Bagi Ahli K3 Kimia Dalam Mendukung Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Setelah anda mengikuti program pelatihan atau training ahli K3 listrik, maka diharapkan dapat menangani masalah yang berkaitan dengan kelistrikan. Selain itu, diharapkan para tenaga ahli K3 yang telah lulus sertifikasi mampu untuk menerangkan teknik apa saja yang harus digunakan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya listrik dengan tepat. Serta , dapat melaksanakan dan mengaplikasikan K3 listrik secara terstruktur dan berintegritas di lokasi kerja. Tentu hal-hal tersebut dapat bermanfaat bagi lingkungan kerja, para pekerja bahkan perusahaan. Karena pelaksanaan Sistem Manajemen K3 adalah komponen penting dalam dunia kerja dan industri yang aman dan sehat.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.