Ayana Duta Mandiri

gambar hazmat

Perkembangan industri manufaktur saat ini yang semakin pesat kian meningkatkan jumlah pemakaian bahan-bahan kimia beracun dan berbahaya atau B3.Jika pengelolaan dan penanganannya tidak tepat, maka sasarannya adalah kesehatan dan keselamatan kerja.Untuk itu, dibutuhkan upaya-upaya pencegahan maupun penanganan yang lebih serius dalam hal ini.

Adapun upaya menangani dan meminimalisir resiko terjadinya kondisi-kondisi berbahaya dari pemanfaatan bahan kimia berbahaya tersebut, yaitu dengan menerapkan protokol keselamatan dan keamanan kerja.Salah satunya dapat berupa Hazardous Material Handling atau HAZMAT. HAZMAT (Hazardous Material) ini merupakan istilah untuk bahan-bahan atau material berbahaya.

Sekilas tentang HAZMAT (Hazardous Material)

HAZMAT (Hazardous Material) pada dasarnya juga lebih sering disebut sebagai salah satu perlengkapan APD, selain kacamata atau pelindung muka, sarung tangan, dan penutup kepala. Pakaian keselamatan kerja ini umumnya digunakan oleh para pekerja yang terlibat langsung dengan penggunaan zat kimia berbahaya atau yang bertugas di lingkungan kerja yang memiliki resiko tinggi akan kontaminasi material berbahaya. Beberapa diantaranya seperti tenaga medis, peneliti, pemadam kebakaran, maupun pekerja dalam industrial.

Untuk itu, Hazardous Material Handling atau Hazardous Material Management merupakan suatu upaya pengendalian bahan atau material berbahaya yang berada di lingkungan kerja.Upaya ini dibutuhkan untuk mencegah dan meminimalisir resiko bahan-bahan berbahaya yang dapat muncul akibat penggunaannya di tempat kerja.Meskipun demikian, upaya pengendalian ini juga membutuhkan suatu prosedural khusus yang berdasar pada pedoman keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku.

Pelatihan Hazardous Material Handling

Seorang pekerja teknis dalam suatu wilayah kerja yang rentan akan resiko bahan atau material berbahaya sudah seharusnya dibekali dengan kecakapan khusus untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bahan kimia yang ada. Selain itu, para pekerja ini juga sudah sepatutnya mengerti bagaimana menangani dan menyimpan bahan kimia B3 serta bagaimana prosedur pemantauan dan pengantisipasian berbagai resiko yang mungkin saja terjadi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu pelatihan khusus yang membahas mengenai HAZMAT (Hazardous Material) bagi para industri atau perusahaan terkait. PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra yang tepat bagi perusahaan yang membutuhkan pelatihan seperti ini.Pasalnya, perusahaan ini telah berpengalaman dalam menjadi konsultan manajemen di bidang keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?