Sertifikasi K3 – Standar keselamatan tempat kerja adalah topik umum dalam lanskap pasca-lockdown. Pandemi COVID-19 menyebabkan pergeseran dari kantor dan toko, ke arah e-commerce dan pertemuan secara virtual. Industri teknologi (yang sudah banyak berinvestasi dalam digital) mampu beralih dengan mulus ke strategi kerja jarak jauh. Restoran mengatasi krisis dengan beberapa langkah baru, seperti:
- Memperkenalkan atau meningkatkan layanan pengiriman
- Menerapkan pelindung wajah
- Menggunakan alat sekali pakai
Sekarang, ketika staf yang mulai kembali ke kantor, meningkatkan standar keselamatan dan kesehatan di tempat kerja menjadi sangat penting.
Namun, bagaimana cara terbaik bagi para pemilik bisnis untuk menyediakan alat dan strategi yang dibutuhkan tenaga kerja mereka untuk membuat tempat kerja lebih aman? Dan bagaimana mereka dapat meyakinkan karyawan mereka bahwa kesehatan mereka adalah yang terpenting? Di blog ini kita akan melihat bagaimana mengembangkan strategi pelatihan dapat membantu meningkatkan standar keselamatan tempat kerja dan memperoleh sertifikasi K3.
Bersiap untuk Membuka Kembali Tempat Kerja dengan Aman Setelah COVID-19
Sebelum menyusun strategi pelatihan yang efektif, bisnis perlu memastikan bahwa tempat kerja mereka dalam keadaan baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat disiapkan bisnis untuk membuka kembali tempat kerja dengan aman setelah COVID-19:
Perhatikan peraturan yang ditetapkan pemerintah
Untuk merumuskan strategi pelatihan yang sukses, bisnis perlu mengetahui peraturan keselamatan dan rekomendasi dari apa yang ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian mereka juga harus menata ruang mereka dengan cara yang dapat mengakomodasi persyaratan tersebut. Misalnya, Indonesia merekomendasikan agar area kerja menjaga jarak pelanggan dengan pelanggan mereka dengan jarak 2 meter dan mengharuskan masker dipakai di semua toko.
Pertimbangkan untuk meningkatkan keterampilan karyawan
Bergantung pada perubahan yang diperlukan, karyawan dapat menjalani pelatihan peningkatan keterampilan untuk menangani peran baru atau yang perlu ditambahkan. Misalnya, bagian layanan pelanggan yang terbiasa membantu pembeli di dalam toko sekarang harus terlibat dengan pelanggan secara online. Mungkin ada saluran yang tidak biasa mereka gunakan, seperti media sosial.
Baca Juga: Keuntungan Mempekerjakan Konsultan K3 untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Beberapa pebisnis barang mewah bahkan telah mengubah tim marketing mereka menjadi lebih personal, online, dan pramutamu virtual. Ini adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan keselamatan pelanggan dan karyawan. Namun, mungkin perlu meminta karyawan yang terlibat untuk mempelajari serangkaian keterampilan yang berbeda.
Membuat Strategi Pelatihan untuk Standar Keselamatan Tempat Kerja Baru
Pertama, para pebisnis harus mengetahui pedoman yang tepat, mengatur ruang properti mereka, serta menyiapkan peralatan dan perlengkapan mereka. Kemudian, mereka dapat mulai melatih karyawan mereka tentang cara menavigasi standar keselamatan tempat kerja yang baru. Berikut adalah beberapa cara agar bisnis dapat membuat program pelatihan yang efektif :
- Memberikan kejelasan tentang aturan dan peraturan terbaru
- Berhati-hati memeriksa setiap perubahan prosedur, seperti standar pembersihan baru dan cara baru memantau kesehatan karyawan
- Jadikan pelatihan relevan dengan peran mereka sehingga setiap karyawan memahami harapan tempat kerja yang baru
- Soroti pentingnya komunikasi empatik selama ini
- Mencakup perubahan tata letak tempat kerja dan bagaimana perubahan itu akan mempengaruhi prosedur umum untuk aturan kesehatan baru
- Sisakan waktu untuk menangani kesehatan karyawan; kesehatan mental juga menjadi pertimbangan penting.
- Atasi masalah apa pun, menjadi orang yang bijaksana sangat penting di saat yang penuh ketidakpastian seperti saat ini
Bangun tim
Membangun tim yang kohesif sangat penting ketika mengembangkan strategi pelatihan yang efektif untuk keamanan tempat kerja. Kita semua berjuangan bersama-sama, jadi inilah saatnya untuk memimpin dengan empati, membangun ketahanan, dan memberi tahu tim Anda bahwa kesehatan mereka adalah prioritas utama.
PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.
Untuk mendapatkan sertifikasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.