Ayana Duta Mandiri

Gambar Working at Height

Pekerjaan yang berkaitan dengan alat-alat berat memang merupakan pekerjaan yang memiliki resiko yang tinggi, begitu pula yang berkaitan dengan bangunan yang tinggi. Pekerjaan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut cukup sering ditemui pada lingkungan kerja proyek konstruksi yang membangun dan merancang suatu konstruksi bangunan, seperti apartemen, mall, menara (tower), ataupun cerobong asap/api (flare stack, chimney). Bekerja di lingkungan kerja yang memiliki ketinggian tertentu disebut dengan istilah working at height. Seorang pekerja dapat disebut bekerja di ketinggian atau working at height jika terdapat kondisi seperti:

  • Bekerja di lantai bertingkat atau di atas permukaan tanah
  • Memiliki potensi jatuh dan resiko cedera yang tinggi
  • Memerlukan penggunaan alat bantu,seperti gondola atau man box maupun panggung sementara (temporary platform)

Perlunya PelatihanWorking at Height

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketinggian tertentu merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dalam suatu pekerjaan. Oleh sebab itu, beberapa industri atau lembaga yang melibatkan pekerjanya dalam ketinggian harus melakukan tindakan pencegahan tertentu agar resiko terjadinya kecelakaan kerja akibat ketinggian dapat diminimalisir.

Langkah preventif yang bisa dilakukan yaitu menanamkan kesadaran tentang tingginya resiko yang harus dihadapi saat berhadapan dengan ketinggian tertentu ketika bekerja. Salah satu langkahnya yaitu dengan mengadakan pelatihan working at height(WAH). Pelatihan tersebut bertujuan menumbuhkan kesadaran bekerja di ketinggian dan dirancang agar pekerja bisa dibekali dengan kemampuan untuk mengenali potensi cedera serius dan bagaimana menentukan metode yang aman untuk meminimalkan risiko.

Hal tersebut merupakan salah satu praktik manajemen yang baik dan menjadi kewajiban bagi industri atau perusahaan terkait untuk mengadakannya dalam rangka mengurangi potensi kecelakaan di tempat kerja. Selain menghindarkan para pekerja dari resiko ketinggian yang ada, langkah preventif tersebut juga akan meningkatkan output produktifitas kerja dan mengurangi risiko akibat klaim kompensasi.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi yang tepat bagi industri atau perusahaan yang membutuhkan pelatihan untuk menanamkan kesadaran akan resiko working at height. Perusahaan ini menyediakan jasa keselamatan dan kesehatan dalam bekerja dan telah berpengalaman dalam mendukung pengembangan budaya Safety di lingkungan kerja organisasi maupun non organisasi di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?