PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Surat Izin Alat (SIA)

Gambar Surat Izin Alat (SIA)

Surat Izin Alat atau SIA ini dikenal sebagai sertifikat kelayakan dan termasuk dalam kriteria penilaian SMK3 yang diberikan karena menyangkut ijin pemakaian alat angkat angkut kepada sebuah perusahaan. Pada dasarnya, suatu alat angkut dapat dikatakan layak jika telah sesuai dengan kriteria SMK3 atau Sistem Manajemen K3. Proses ini perlu dilakukan demi mencegah berbagai resiko yang ditimbulkan akibat penggunaan alat angkut yang tidak layak. Hal ini juga berkaitan dengan semakin meningkatnya pembangunan melalui jasa konstruksi dan teknologi itu sendiri. Sehingga berbagai jenis alat angkut perlu untuk disertifikasi.

Hingga saat ini, berbagai perusahaan kontraktor jasa konstruksi yang menggunakan alat angkat angkut baik yang dimiliki sendiri maupun menggunakan alat angkat angkut dari pihak ketiga memerlukan sertifikat SIA.  Tak hanya itu, operator atau orang yang menjalankan alat angkat angkut tersebut juga wajib memiliki sertifikat SIO atau Surat Izin Operator alat angkat angkut. Persyaratan tersebut menjadi salah satu kriteria yang dilakukan oleh para perusahaan kontraktor jasa konstruksi yang kemudian diberikan kepada Konsultan SMK3 Sistem Manajemen K3 untuk keperluan Audit SMK3. Persyaratan tersebut juga telah sesuai dalam PP 50 tahun 2012. Penggunaan alat angkat angkut atau pesawat ini juga termasuk dalam bagian integral pelaksanaan dan peningkatan proses pelaksanaan suatu produksi di perusahaan. Proses yang dimaksud ialah mengenai proses pembuatan, pemasangan, pemakaian hingga perawatan alat angkat angkut tersebut.

Kemudian, sebuah perusahaan kontraktor jasa konstruksi juga sekurang-kurangnya menggunakan satu pesawat atau alat angkat angkut dalam melaksanakan pekerjaannya. Hal tersebut juga masuk sebagai persyaratan kelayakan. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan berencana melakukan persiapan pembukaan lahan maka pada saat proses pembukaan lahan tersebut harus menggunakan salah satu alat berat seperti Dump Truck.

Kebutuhan Surat Izin Alat atau SIA memang sangat diperlukan oleh banyak perusahaan penyedia jasa konstruksi saat ini. Oleh karena itu, kehadiran PT. Ayana Duta Mandiri sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam bidang sertifikasi maupun pelatihan tentu bisa menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang membutuhkan sertifikat kelayakan atau Surat Izin Alat (SIA).

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?