Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Apa yang dimaksud dengan P3K? P3K merupakan salah satu upaya/perawatan sementara pada seseorang yang menjadi korban kecelakaan. Hal ini dilakukan guna menenangkan korban, mencegah maupun mengurangi kegelisahan dan ketakutan korban dan juga menghindari bahaya yang lebih buruk. Kecelakaan sendiri dapat terjadi di manapun, orang yang mengalami kecelakaan bisa saja meninggal di tempat, mengalami luka berat atau ringan, henti jantung, pingsan, tertelan racun, henti nafas dan sebagainya. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Untuk sesorang yang menjadi korban kecelakaan dan masih hidup, pastinya butuh pertolongan sesegera mungkin.

Pendaftaran :

Telp 08118500177

Whatsapp 08118500177

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Saat mengalami kondisi serupa, pertolongan pertama sangat berperan penting dan juga dibutuhkan. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Jika benar dalam melakukan pertolongan pertama, maka akan mampu menyelamatkan nyawa korban. Namun jika dilakukan dengan sebaliknya, maka bisa saja membahayakan nyawa korban bahkan dapat berujung kematian. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Oleh sebab itu, sangat penting memahami cara melakukan pertolongan pertama yang tepat.

 

Pelatihan K3 First Aider P3K BNSP Kemnaker Banggai

Adanya P3K di lingkungan kerja tentu menghadirkan banyak manfaat guna mencegah semakin parahnya cedera, hingga mampu membantu menyelamatkannyawa seseorang yang menjadi korban kecelakaan. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Bagi perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap keselamatan dan juga Kesehatan para pekerjanya, tentu wajib menyediakan fasilitas tersebut di lingkungan kerja sehingga perusahaan mampu mengurangi beragam konsekuensi yang bisa timbul karena kecelakaan kerja.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Dalam Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) terdapat beberapa hal yang perlu kita ketahui seputar pertolongan pertama:

  1. Ruangan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Salah satu kriteria lokasi yang tepat untuk dijadikan ruangan P3K yaitu ruangan yang berada tidak jauh dari toilet, mendekati jalan keluar, terjangkau dari lingkungan kerja, serta dekat dengan ruang parkir kendaraan. Selain itu, tentu diperlukan petugas yang memang telah terlatih untuk menangani P3K. kemudian, syarat utama ruangan P3K haruslah bersih serta steril, memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan tempat tidur, lemari, timbangan, serta kursi roda maupun tandu, dan juga dilengkapi tempat air minum, meja, kursi, serta pendingin ruangan.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

  1. Kotak P3K atau Lemari Beserta Kelengkapannya

Lemari atau kotak P3K ini berfungsi untuk menyimpan beragam peralatan serta obat untuk menunjang pertolongan pertama pada kecelakaan yang sifatnya ringan hingga vital. Bukan hanya dipasang pada ruang P3K saja, namun juga dipasang di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh para pekerja. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Kotak P3K dianggap sesuai standar jika kotak tersebut mudah diangkat atau dipindahkan, ringan, terbuat dari material logam atau kayu, memiliki warna putih serta lambing palang merah dan juga bertuliskan P3K sebagai tanda bahwa kotak tersebut berisi alat-alat pertolongan pertama.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

  1. Media Evakuasi Serta Transportasi

Terdapat beragam alat evaluasi yang biasa digunakan dalam pertolongan pertama, seperti misalnya tandu, kursi roda, alat bantu pernapasan, dan sebagainya. Alat untuk melakukan evakuasi harus alat yang mudah dipindahkan atau mudah bergerak dan juga bisa menjadi media perawatan awal pada korban kecelakaan. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Jika mungkin, alat transportasi berupa ambulance atau kendaraan sejenis bisa menjadi media evakuasi korban kecelakaan.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

  1. Petugas P3K

Dikuti dari peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan kerja, rasio banyaknya petugas P3K pada petugas dengan resiko kecelakaan yang rendah, minimal memiliki 1 petugas yang akan menangani 150 pekerja. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Sementara bagi perusahaan yang mempunyai resiko kecelakaan kerja tinggi, paling tidak harus ada 1 petugas guna menangani tiap 100 pekerja pada perusahaan.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Terdapat beberapa tujuan diperlukannya pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan di lingkungan kerja, yaitu sebagai berikut.

  1. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan serta menyelamatkan nyawa pekerja;

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk mencapai tujuan ini, antara lain memberikan perhatian pada kondisi korban kecelakaan, melakukan RJP (Resusitasi Jantung & Paru) jika diperlukan, serta melakukan pengecekan jika ada pendarahan dan mengatasinya.

  1. Untuk melakukan pencegahan terhadap kondisi yang semakin memburuk

Pada tujuan ini, petugas P3K perlu melaksanakan diagnosis awal, memberikan penanganan pada korban yang memiliki kondisi terburuk, serta memperhatikan jika korban memiliki penyakit penyerta lain yang tidak terlihat.

  1. Mendorong serta menunjang proses penyembuhan

Petugas P3K selaku penanggung jawab pertolongan pertama pada kecelakaan perlu memberikan rasa aman dan juga mengurangi rasa sakit pada korban. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Petugas juga perlu melakukan Langkah pencegahan infeksi dan menyiapkan pertolongan medis serta transportasi bagi korban secara tepat.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Berikut beberapa Tindakan yang perlu dilaksanakan pada P3K, antara lain:

  • Memanggil dokter sesegera mungkin setelah kecelakaan terjadi. Jika dokter tidak kunjung datang, maka antarkan segera korban menuju rumah sakit terdekat;
  • Menghentikan pendarahan yang terjadi;
  • Melakukan Langkah pencegahan terjadinya syok atau gangguan lain pada korban kecelakaan;
  • Melakukan pencegahan infeksi pada korban dengan memberikan penanganan luka terlebih dahulu.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Selain Tindakan-tindakan yang dilakukan saat melakukan P3K, terdapat juga beberapa prinsip-prinsip P3K, yaitu sebagai berikut:

  • Selalu tenang serta hindari panik;
  • Siap memberikan pertolongan secara cepat dan juga tepat;
  • Sebelum memahami seberapa berat cedera yang dialami, jangan terburu-buru menggeser atau memindahkan korban dari titik kecelakaan;
  • Jika menemukan luka, usahakan korban tidak melihat karena bisa menimbulkan kepanikan pada korban;
  • Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai
  • Jika sudah mendapatkan pertolongan pertama, segera bawa korban menuju ke dokter, rumah sakit, maupun puskesmas agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Obat Untuk Mengatasi Luka Bakar

  1. Salah satu jenis obat ini yaitu salep yang berbahan dasar minyak ikan. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan dioleskan pada permukaan luar luka bakar agar tidak semakin meradang dan bisa diatasi segera.
  2. Obat Untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Terdapat berbagai jenis obat untuk membantu menghilangkan rasa sakit, antara lain minyak kayu putih, minyak angin, maupun balsem. Cara menggunakannya juga terbilang mudah, cukup dengan dioleskan di dada, leher, kening, perut, atau bisa juga dihirup aromanya.

Manfaat obat ini dapat membantu memberikan efek segar, menyamarkan rasa sakit, melegakan pernapasan, dan memberikan efek hangat pada tubuh.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

  1. Obat Untuk Mengatasi Luka Ringan

Cara untuk menggunakan jenis obat yang satu ini antara lain dengan membersihkan area yang terkena luka terlebih dahulu kemudian dapat langsung dioleskan pada luka tersebut. Manfaat obat ini yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka yang timbul akibat tergores benda tajam dan sebagainya. Manfaatnya yaitu untuk menghindari terjadinya infeksi akibat luka gores tersebut.

Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai

Obat Untuk Menyadarkan Orang Yang Pingsan

Jenis obat yang biasanya menjadi kandungan utama yaitu amoniak cair. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai Cara menggunakannya juga mudah. Pelatihan & Sertifikasi P3k (K3 First Aid) BNSP Kemnaker Banggai cukup dengan membasahi permukaan kapas kemudian cukup didekatkan kepada hidung korban kecelakaan agar dihirup hingga korban tersebut sadar.