Sertifikasi K3 – Bahaya adalah sesuatu yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada keselamatan, keamanan atau kesehatan seseorang atau menyebabkan kerusakan pada lingkungan atau kehilangan properti atau harta benda. Jika demikian, maka tidak diragukan lagi bahaya yang paling berpotensi berbahaya di tempat kerja mana pun adalah manusia.
Apakah itu karena tindakan atau kelalaian mereka (atau kebodohan belaka), sebagian besar insiden di tempat kerja tidak disebabkan oleh mesin atau bahan kimia berbahaya atau bahaya kematian lainnya tetapi oleh manusia itu sendiri. Setiap studi manajemen insiden akan membuktikan fakta itu. Itulah sebabnya sertifikasi K3 serta pelatihan keselamatan semua karyawan sangat penting.
Namun, perlu dicatat bahwa penekanan harus pada kata “semua” berkaitan dengan karyawan yang membutuhkan pelatihan keselamatan. Tentu saja, pelatihan terkait keselamatan yang dibutuhkan oleh operator derek atau pilot komersial akan jauh lebih besar dan lebih kompleks daripada yang dibutuhkan oleh wanita yang bekerja di bagian akuntansi atau pria yang bekerja di bagian pemasaran.
Namun, berasumsi bahwa mereka yang bekerja di bagian akuntansi atau pemasaran harus dibebaskan dari pelatihan keselamatan adalah suatu kesalahan. Poin ini harus dibuat karena terlalu sering fokus yang berkaitan dengan pelatihan keselamatan adalah pada karyawan yang bekerja di lokasi “berbahaya” atau dengan mesin berbahaya. Para pemangku kebijakan sendiri menegaskan bahwa pengusaha yang memberikan pelatihan bagi semua karyawan berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan kerja mereka.
Alasan penting mengapa semua karyawan harus menerima pelatihan keselamatan dasar, cukup sederhana, untuk membuat mereka semua menjadi karyawan yang lebih aman. Tempat kerja dengan karyawan yang paham keselamatan akan menjadi tempat kerja di mana karyawan akan lebih siap untuk mengidentifikasi dan bereaksi terhadap insiden dan ketidaksesuaian terkait keselamatan.
Baca Juga: Panduan untuk Meningkatkan Pelatihan Keselamatan Karyawan Anda
Alasan penting lainnya mengapa pelatihan kesadaran keselamatan dasar harus diberikan kepada semua karyawan adalah untuk mendapatkan dukungan dari semua. Yang akan dibangun di sini adalah sistem manajemen keselamatan perusahaan. Jika semua karyawan memahami bahaya dan risiko keselamatan dan memahami peran mereka sendiri dalam tujuan, prosedur, dan standar keselamatan perusahaan, maka kemungkinan besar mereka akan mematuhinya.
Yang terpenting, karyawan akan menghormati inisiatif keselamatan untuk apa yang mereka lakukan, yaitu melindungi semua karyawan dari potensi bahaya. Memahami keselamatan juga akan membuat mereka menjadi penjaga sistem manajemen keselamatan yang lebih baik. Itu adalah keuntungan tersendiri bagi perusahaan.
Orang yang bertanggung jawab harus memahami sepenuhnya apa yang ditunjukkan oleh tanda larangan keselamatan dan bagaimana tanda tersebut berhubungan dengan bahaya keselamatan, seperti halnya pria di bagian pemasaran harus sepenuhnya mengetahui cara mengoperasikan alat pemadam kebakaran terdekat jika terjadi kebakaran. Pada akhirnya, pelatihan kesadaran keselamatan mungkin hanya perlu mencakup dasar-dasar, tetapi tidak boleh terlalu mendasar.
PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.
Untuk mendapatkan sertifikasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.