You are currently viewing Ketahui Jenis Training K3 Bagi Para Pekerja

Ketahui Jenis Training K3 Bagi Para Pekerja

Training K3 – K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi hal penting di dalam dunia kerja. K3 berfungsi untuk menjamin serta melindungi keselamatan dan kesehatan para tenaga kerja dengan mencegah resiko terjadinya kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja. Untuk itu, setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki tenaga ahli dengan sertifikat ahli K3. Hal tersebut sangat penting agar penerapan K3 dalam dunia kerja atau perusahaan bisa berjalan secara maksimal. Guna menunjang hal tersebut, training K3 bagi para tenaga kerja diperlukan.

Pada dasarnya, seluruh tenaga kerja berhak untuk memperoleh jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. K3 sendiri juga berperan penting dalam melindungi para pekerja, keluarga pekerja, konsumen, hingga lingkungan sekitar yang mungkin menerima dampak terkait dengan pekerjaan mereka. Pelatihan K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja mampu menentukan kompetensi K3 para pekerja. Sehingga, setiap perusahaan harus mengenali kebutuhannya terhadap prosedur pelatihan K3. Karena ada banyak training K3 yang menjadi syarat dalam regulasi K3. Perusahaan perlu untuk menentukan pelatihan seperti apa yang dibutuhkannya sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan.

Training K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan kegiatan penting untuk meningkatkan kompetensi di bidang K3. Dimana pelatihan K3 sendiri banyak yang telah dipersyaratkan pada berbagai macam regulasi terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Ketahui berbagai jenis training atau pelatihan K3 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan tempat kerja, seperti:

Pelatihan Ahli K3 Umum

Pelatihan Ahli K3 Umum merupakan pelatihan dasar. Dimana pelatihan ini banyak diikuti oleh rekan-rekan profesional K3. Pelatihan biasanya dilaksanakan selama 2 minggu dengan materi yang sangat beragam dari landasan hukum, teknis operasional K3 hingga studi lapangan serta diakhiri dengan ujian.

Petugas K3 Peran Kebakaran

Berdasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja, disebutkan persyaratan teknis dalam pembentukan petugas peran kebakaran di tempat kerja. Sehingga, pelatihan petugas K3 peran kebakaran dibutuhkan.

Hiperkes Dokter Perusahaan

Beberapa perusahaan haruslah memiliki dokter yang praktek secara rutin di perusahaan atau di tempat kerja. Berdasarkan pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja, setiap perusahaan diwajibkan untuk mengirimkan setiap dokter perusahaannya untuk mendapatkan latihan. Yakni pelatihan dalam bidang Higiene Perusahaan. Selain itu, disebutkan juga bahwa berapa dokter harus disediakan di tempat kerja.

Baca Juga: Alasan Mengapa Sertifikasi K3 Itu Diperlukan

Hiperkes Paramedis

Sama halnya dengan hiperkes dokter perusahaan, paramedis perusahaan juga harus memperoleh pelatihan Hiperkes (higiene perusahaan, kesehatan dan keselamatan kerja).

Petugas Ahli K3 Kimia

Petugas K3 Kimia dan Ahli K3 kimia diharuskan bagi perusahaan yang dikategorikan sebagai perusahaan potensi bahaya menengah dan besar.

Pelatihan K3 Teknisi

Pelatihan K3 Teknisi Perancah, Ahli Utama K3 Konstruksi, Ahli Madya K3 Konstruksi, Ahli Muda Konstruksi telah diatur pada Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan. Dimana dalam penetapan pada peraturan tersebut menjelaskan tentang seberapa banyak petugas yang diminta.

Petugas Pertolongan Pertama Pada Tempat Kerja

Petugas P3K di tempat kerja penting untuk memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat. Dimana pertolongan tersebut diberikan kepada para pekerja di tempat kerja yang mengalami sakit atau mengalami cedera.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.