Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara 0813 9981 0272

Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara

Perusahaan maupun pemilik bisnis dalam skala besar tuntutannya akan transparansi serta kepatuhan pada regulasi pemerintah. Salah satunya yakni melalui proses audit keuangan yang menjadi pilar utama dalam evaluasi serta verifikasi data keuangan perusahaan. Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara Kali ini kami akan membahas tuntas mengenai audit keuangan khususnya di ranah jasa audit keuangan perusahaan.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara

Untuk mengetahui kondisi sebenarnya atau tingkat kesehatan operasional, maka butuh adanya audit laporan keuangan. Laporan yang sudah ada akan mendapat nilai serta evaluasi menggunakan prinsip serta standar akuntansi yang berlaku. Syarat keabsahan proses audit ini yakni perusahaan harus benar-benar melampirkan data sebenarnya. Mulai dari kondisi keuangan, waktu pelaporan serta laporan kinerja manajemen terkait.

Setelah proses audit selesai maka auditor akan memberikan nilai kewajaran pada laporan keuangan yang ada. Apabila hasilnya baik, maka opini audit inilah yang akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan untuk meningkatkan kredibilitas laporan keuangan serta kinerja bisnis perusahaan.

Tujuan lain pelaksanaan audit yakni adanya syarat yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia untuk semua entitas publik. Di lain sisi, jika perusahaan membutuhkan pinjaman dana untuk entitas bisnis yang berjalan, maka audit laporan juga menjadi salah satu syarat yang perlu harus dipenuhi. Sedangkan untuk keperluan kredit perdagangan dalam skala besar, beberapa pemasok juga mensyaratkan laporan keuangan yang sudah teraudit.

 

Hubungi Kami :

Telp : 0813 9981 0272

Wa   : 0813 9981 0272

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara

Seperti yang sudah mendapat bahasan secara singkat di atas, audit keuangan bertujuan memeriksa serta memberikan pandangan independent auditor terkait kondisi laporan keuangan perusahaan. Tingkat kompleksitas kerangka kerja utama yang digunakan harus mengikuti standar akuntansi keuangan dan IFRS. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan maupun fraud berkelanjutan oleh oknum tertentu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tujuan utama audit keuangan perusahaan yang perlu kita ketahui.

Jasa Audit Keuangan Perusahaan Kutai Kartanegara

Perusahaan menengah apalagi yang masuk pada skala raksasa tentu saja sudah membuat laporan keuangan. Dengan adanya proses audit keuangan inilah auditor bisa membantu memastikan apakah kelengkapan laporan sudah terpenuhi atau belum. Jasa Audit Keuangan Perusahaan Selain dari segi kelengkapan, laporan dari beragam transaksi dalam jurnal juga akan mendapat pemeriksaan untuk memastikan kesesuaiannya.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Auditor akan memeriksa transaksi untuk memastikan adanya ketepatan dari seluruh transaksi dengan saldo yang tersedia. Dalam proses ini auditor juga akan memeriksa setiap transaksi sudah mendapat klasifikasi sesuai dengan jenis transaksinya.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Auditor akan memeriksa pencatatan keuangan mempunyai eksistensinya masing – masing. Dalam hal ini setiap pencatatan keuangan telah sesuai dengan tanggal yang tertera dan sesuai dengan fakta yang ada. Jasa Audit Keuangan Perusahaan  Auditor juga akan membuat penilaian seberapa baik laporan keuangan tersebut berdasarkan prinsip akuntansi yang mendapat pengakuan di Indonesia.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Dalam proses audit keuangan, semua transaksi yang ada pada tanggal neraca akan tercatat pada periode yang sama. Dalam proses ini, auditor umum menemukan adanya kekeliruan penyajian catatan laporan keuangan.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Setiap data perlu diolah agar mempunyai makna. Begitupun dengan semua transaksi serta operasional perusahaan yang tercantum pada laporan keuangan. Auditor akan memastikan saldo akun dan persyaratannya telah memenuhi hingga penyajian laporan bisa terungkap dengan baik. Pada beberapa kasus, diperlukan juga pemeriksaan penjelasan yang tertera pada isi dan catatan kaki laporan keuangan perusahaan.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Proses audit ini tentu bukan hal yang sepele, hal ini sejalan dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan jasa audit keuangan. Selain untuk memenuhi syarat dan regulasi, berikut ini beberapa alasan kuat mengapa perusahaan membutuhkan jasa audit.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Akuntan tidak bisa sepenuhnya menjamin laporan keuangan yang dibuat sudah terjamin dari segi akurasinya. Di sinilah peran auditor untuk memastikan setiap data transaksi keuangan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Perusahaan yang menggunakan jasa audit akan mendapatkan laporan keuangan dengan akurasi tinggi. Efek positif dari proses audit ini nantinya bisa membuat perusahaan mempunyai kredibilitas serta reputasi di mata investor, kreditur serta pemangku regulasi atau kebijakan.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Terlepas dari besarnya manfaat audit, tentu ada tidak sedikit yang melaksanakan proses ini dengan bijak. Untuk itu, terciptalah regulasi yang mengatur mengenai audit keuangan sebagai syarat yang menunjang eksistensi perusahaan. Pemerintah membuat regulasi yang jelas bahwa perusahaan perlu menggunakan pihak ketiga untuk melakukan audit keuangan secara independent.

 

Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Jika laporan keuangan sudah biasanya sesuai standar, maka tahapan selanjutnya yakni membaca data. Dengan bantuan auditor maka semua data yang tersaji bisa mengambil kesimpulannya.

Katakanlah untuk laporan keuangan yang di dalamnya terdapat kesempatan atau potensi peningkatan di sektor tertentu. Kasus lain bahkan laporan keuangan bisa mencerminkan kondisi serta resiko yang dapat terjadi ke depannya. Jasa Audit Keuangan Perusahaan  Dengan adanya audit laporan keuangan, maka beragam resiko tersebut bisa diminimalkan sedini mungkin.

Memeriksa Kinerja Sistem Kontrol Internal

Auditor juga bisa membantu membuat analisa terkait kinerja sistem control internal perusahaan. Manfaatnya yakni perusahaan bisa memperbaiki sistem secara lebih efektif dan efisien. Sektor yang mendapatkan saran bisa segera dibenari agar efisiensi operasional dapat meningkat serta menekan resiko kerugian ke depannya.

Alur Proses Audit Keuangan Perusahaan

Tidak sekedar melakukan pemeriksaan pada lembaran laporan secara umum, tentu saja ada kaidah mengenai alur atau tahapan proses audit. Berikut ini alur proses pemeriksaan yang auditor lakukan.

Mengumpulkan Semua Dokumentasi Keuangan

Dokumentasi keuangan perusahaan ini umumnya terdiri dari semua proses transaksi yang berjalan. Mulai dari dari tanda terima penjualan, laporan bank, faktur dan lainnya. Semua dokumentasi keuangan ini muaranya akan berada di departemen keuangan. Tentunya akuntan perusahaan akan mengolah data tersebut. Dalam proses audit keuangan, auditor akan melakukan pemeriksaan kesesuaian catatan keuangan.

Pemeriksaan Pembukuan Akuntansi

Transaksi perusahaan harus didokumentasikan secara rapi dan sesuai kaidah akuntansi. Bahkan untuk dokumen atau catatan transaksi seperti cek dan faktur, akuntan setidaknya mempunyai Salinan elektronik yang dapat diakses secara cepat. Arsip pembukuan akuntansi yang diolah secara tepat inilah yang memudahkan proses audit menemukan potensi masalah ataupun peluang yang muncul ke depannya.

Meninjau Sistem Akuntansi Dasar

Akuntan pasti menggunakan buku besar untuk mencatat riwayat transaksi. Pencatatan menggunakan buku berbentuk T yang terdapat informasi debit, kredit. Selain itu terdapat juga entri jurnal, buku besar serta laporan keuangan terbaru. Umumnya untuk buku T ini pada sisi kanan digunakan untuk kolom kredit sedangkan untuk kolom kiri digunakan untuk informasi debit.

Pemeriksaan Kebijakan Internal

Kebijakan pengendalian internal ini meliputi pembagian tugas para akuntan dan brankas atau area khusus untuk menyimpan dana yang transaksinya tertunda. Untuk beberapa perusahaan skala besar bahkan akan diperiksa juga terkait adanya penggunaan perangkat lunak atau software akuntansi yang dilengkapi dengan keamanan akses. Tujuan dari penggunaan software ini yakni untuk memudahkan pelacakan apa jenis transaksinya, kapan dan siapa yang melakukan.

Pemeriksaan Transaksi Internal dan Eksternal

Dalam tahap ini auditor akan meninjau catatan eksternal lalu membandingkannya dengan catatan internal perusahaan. Sebagai contoh misalnya saja dengan cara memeriksa catatan tanda terima pembelian dengan catatan.

Catatan Pajak Perusahaan

Auditor juga akan melakukan pemeriksaan pada catatan pajak secara detail. Tidak hanya mencocokkan antara kewajiban pajak perusahaan dengan transaksi pembayaran pajak yang dilakukan. Untuk beberapa kondisi, auditor akan memeriksa kisaran kredit, pengembalian pajak, serta pelaporan yang dianggap meragukan karena terlalu membengkak.

Kurang lebih itulah tahapan yang akan dilakukan oleh auditor ketika memeriksa dokumen keuangan perusahaan. Untuk Anda yang berencana mengajukan proses audit, mulai dari sekarang bisa membenahi pelaporan beberapa poin di atas dengan lebih teliti.

Jenis Hasil Penilaian Audit Laporan Keuangan Perusahaan

Setelah proses audit selesai, maka tahapan akhirnya yakni penilaian. Auditor akan menilai seberapa baik hasil audit yang dilakukan. Berdasarkan pedoman yang berlaku saat ini, terdapat empat penilaian hasil audit laporan keuangan berikut.

  • Wajar tanpa pengecualian (Unqualified Opinion).
  • Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion).
  • Tidak Wajar (Adversed).
  • Tidak Memberikan Pendapatan (Disclaimer).

Penilaian ini berdasarkan pedoman audit yang disahkan oleh IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). Aturan atau pedoman inilah yang digunakan oleh auditor pada saat memeriksa hingga memberikan hasil penilaian akhir. Setidaknya terdapat tiga komponen dasar proses audit yang perlu dilakukan. Mulai dari mengumpulkan, memeriksa serta melakukan evaluasi bukti, melakukan audit secara sistematis serta ketentuan pemberian laporan audit kepada pihak ketiga.

Apa Saja Pertimbangan Memilih Jasa Audit Keuangan Perusahaan?

Seiring dengan meningkatkan kebutuhan audit secara profesional oleh pihak ketiga, semakin banyak jasa audit keuangan perusahaan yang bermunculan. Jika Anda berencana menggunakan jasa audit, berikut ini beberapa pertimbangan memilih jasa audit keuangan untuk perusahaan.

Pastikan Auditor adalah Seorang yang Profesional

Tidak semua akuntan bisa menjadi auditor untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan sesuai dengan standar regulasi yang berlaku. Dalam proses audit, ternyata ada beberapa tahapan yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Pastikan Kesesuaian Standar Akuntansi yang Berlaku

Bursa Efek Indonesia mewajibkan entitas publik menggunakan audit pada laporan keuangannya. Akuntan yang mengerjakan laporan tidak boleh sembarangan agar hasil audit nantinya bernilai baik.

Auditor Berpengalaman Menganalisa Keuangan

Perusahaan yang menggunakan jasa audit keuangan umumnya akan memberikan data, fakta, dan informasi secara lengkap. Tujuan dari kelengkapan data ini yakni adanya proses analisis keuangan terkait optimasi serta langkah strategis yang perlu dilakukan oleh perusahaan atau manajemen. Jika data tertangani oleh auditor berpengalaman, maka analisis ini bisa dilakukan secara lebih menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Rahasia Data Perusahaan Terjaga

Audit laporan keuangan perusahaan ini jelas menggunakan data yang sifatnya sangat rahasia. Jika tidak ingin terjadi kebocoran data, pastikan Anda menggunakan jasa audit keuangan perusahaan yang terpercaya. Data yang bocor nantinya bisa ada yang menyalahgunakan oleh pihak lain, misalnya saja oleh kompetitor.

Anda butuh rekomendasi jasa audit keuangan perusahaan yang dapat menjamin empat poin di atas? PT Ayana Duta Mandiri merupakan pilihan yang tepat. Kami mempunyai legalitas serta reputasi yang baik, sudah banyak klien tertangani secara tuntas. Proses audit dilakukan oleh akuntan yang berpengalaman serta kompeten di bidangnya.