You are currently viewing 6 Elemen Utama dalam Sistem Manajemen K3 yang Sukses

6 Elemen Utama dalam Sistem Manajemen K3 yang Sukses

Konsultan K3 – Kami bekerja dengan berbagai klien di berbagai industri untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan karyawan mereka. Satu hal yang telah kami pelajari adalah: apakah Anda seorang karyawan untuk bidang K3 bagi produsen kecil hingga menengah, atau mengelola proyek lokasi jarak jauh dengan ribuan karyawan, Anda memerlukan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang terdokumentasi dengan baik untuk memastikan bahwa Anda dan orang-orang Anda aman.

Sistem perusahaan Anda harus ditulis, dikomunikasikan, dan dipraktikkan. Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang paling sukses mengandung 6 elemen kunci berikut:

1. Cara Mengontrol dan Mendistribusikan Dokumen Terbaru

Baik Anda menggunakan Google Drive, platform cloud lain, atau mencatatnya di kertas, setiap sistem HSE memerlukan cara untuk mendistribusikan dokumen terbaru kepada orang yang tepat. Membuat protokol di area ini membantu memastikan bahwa karyawan selalu memiliki akses ke informasi keselamatan terkini dan benar.

2. Daftar Periksa Pemeriksaan Keselamatan

Membuat daftar periksa inspeksi keselamatan memiliki banyak tujuan. Daftar tersebut menetapkan dasar untuk kualitas inspeksi tidak peduli siapa yang melakukannya, dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk melakukan inspeksi, dan menyediakan data tentang area keselamatan yang meningkat atau menurun seiring waktu.

3. Penilaian Resiko

Penilaian resiko adalah fungsi penting dari Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang berhasil untuk membantu Anda melindungi karyawan dari potensi bahaya, dan bisnis Anda dari potensi denda dan tuntutan hukum. Setelah mengidentifikasi potensi bahaya bagi pekerja Anda, Anda dapat menentukan area ketidakpatuhan keselamatan dan merancang serta menerapkan solusi. Menyertakan ini dalam sistem SMK3 Anda, dan memperbarui dokumen terdistribusi Anda secara teratur untuk mengetahui atau potensi bahaya, dapat sangat mengurangi cedera dan resiko.

4. Rencana Tanggap Darurat

Meskipun kami berharap Anda tidak perlu menggunakan rencana tanggap darurat, selalu lebih baik untuk memilikinya daripada mendapatkan kekacauan selama keadaan darurat. SMK3 memerlukan rencana tanggap darurat sebagai cara untuk bagaimana melaporkan keadaan darurat, prosedur evakuasi dan titik berkumpul, prosedur untuk menutup operasi proyek, penyelamatan dan tugas medis untuk setiap pekerja yang ditugaskan untuk melakukannya, dan informasi kontak untuk individu dengan informasi lebih lanjut. Selain itu, rencana tanggap darurat dapat berisi informasi tentang rumah sakit dan layanan medis setempat, serta prosedur evakuasi medis.

Baca Juga: Manfaat dari Memiliki Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan

5. Program Pelatihan dan Sistem Dokumentasi

Program pelatihan keselamatan karyawan dari konsultan K3 dapat mencakup latihan kebakaran, angin ribut, dan gempa bumi, simulasi kecelakaan, pertolongan pertama, dan bahkan program kesehatan dan kebugaran. Protokol pelatihan keselamatan dasar ini dapat menyelamatkan nyawa jika terjadi keadaan darurat, dan mencegah bahaya keselamatan lebih lanjut. Jenis pelatihan lainnya termasuk penggunaan APD yang benar, keselamatan forklift, dan pengelolaan limbah berbahaya.

Meskipun para pemangku kebijakan tidak memerlukan dokumentasi semua jenis pelatihan, ini adalah praktik terbaik untuk menyimpan dokumentasi. Catatan ini dapat berguna saat merencanakan pelatihan di masa mendatang.

6. Kebijakan dan Jadwal Audit Internal

Audit kesehatan dan keselamatan adalah cara hebat lainnya untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang keselamatan, serta mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam sistem manajemen K3 Anda. Auditor internal atau eksternal dapat melakukan audit, dan tidak peduli rute mana yang Anda pilih, audit harus dilakukan secara teratur. Dokumentasi dari audit dapat digunakan untuk membandingkan peningkatan dan masalah dari tahun ke tahun, mengidentifikasi tren, menentukan resiko, dan membuat inisiatif keselamatan baru berdasarkan data audit.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan konsultan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.