PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Gambar Laboratory Management

ISO/IEC 17025 merupakan standar persyaratan kompetensi laboratorium yang bersifat umum untuk organisasi dari berbagai jenis dan ukuran. Standar ini yang nantinya akan digunakan ketika suatu organisasi akan melakukan aktivitas pengujian ataupun kalibrasilaboratorium.

Pada Desember 2017 lalu, standar manajemen laboratorium ini telah diperbaharui dengan mempertimbangkan beberapa aspek terbaru di lingkungan laboratorium dan praktik kerja.Oleh sebab itu, referensi yang berkaitan dengan standar umum kegiatan kalibrasi dan pengujian laboratorium yang berlaku secara internasional saat ini adalah ISO 17025:2017 (Laboratory Management).

Pentingnya Implementasi ISO 17025:2017 (Laboratory Management)

Salah satu tujuan utama dari kegiatan laboratorium, tak lain ialah untuk menghasilkan data yang valid dan terpercaya. Dengan adanya standar ISO 17025:2017 (Laboratory Management)ini, suatu laboratorium mampu menerapkan sound quality system untuk menunjukkan bahwa laboratorium tersebut memiliki kompetensi secara teknis dan dapat menghasilkan data dan informasi ilmiah yang valid dan dapat diandalkan.

Standar manajemen laboratorium ini juga dapat membantu memfasilitasi kerja sama antara laboratorium dengan badan akreditasi lain.Oleh sebab itu, untuk mencerminkan perubahan dalam bentuk yang lebih relevan dengan kondisi pasar dan teknologi saat ini, versi terbaru dari standar tersebut telah mencakup perubahan teknissecaraperkembangan teknologi dengan turut mempertimbangkan versi terbaru ISO 9001 tentang manajemen mutu.

Training ISO 17025:2017 (Laboratory Management)

Akreditasi laboratorium menurut International Organization for Standardisation (ISO)adalah pengakuan formal terhadap suatu laboratorium yang memiliki kompetensi dalam melakukan pengujian ataupun kalibrasi tertentu sesuai dengan yang ada dalam peraturan ISO 17025 versi 2017 yang terbaru.Akreditasi tersebut dibutuhkan oleh suatu laboratorium untuk dapat memberikan jaminan kompetensi, jaminan mutu serta keakuratan data dari hasil pengujian/kalibrasi yang dilakukan.Oleh karena itu, agar dapat terakreditasi sebagai laboratorium yang kompeten, suatu laboratorium wajib menerapkanstandar yang termuat dalam ISO 17025:2017 (Laboratory Management).

Pengimplementasian standar tersebut dapat dimulai dengan upaya memberikan pelatihan atau training terhadap tenaga kerja yang diharapkan dapat berkompeten dalam mengelola laboratorium sesuai dengan standar tersebut. PT. Ayana Duta Mandiri dapat menjadi mitra yang tepat untuk suatu organisasi yang akan melakukan training mengenai kriteria-kriteria yang ada dalam ISO 17025:2017 tersebut. Pasalnya, perusahaan ini telah berpengalaman dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan terhadap berbagai bidang dan aspek, salah satunya yang menyangkut dengan standar manajemen yang berlaku secara internasional ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?