You are currently viewing Training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur | Sertifikasi Kemnaker
Training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur | Sertifikasi Kemnaker

Training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur | Sertifikasi Kemnaker

Pemakaian teknologi dalam dunia industri semakin bertambah. Setiap tahun, muncul desain mesin terbaru yang membantu kegiatan operasional menjadi lebih mudah dan cepat. Tentu hal ini cukup menguntungkan bagi perusahaan. Karena hasil yang diperoleh lebih banyak dengan perhitungan waktu yang efektif. Dalam Undang-Undang, mesin ini disebut Pesawat Tenaga Produksi.

Meski begitu, kehadiran teknologi modern pada industri masih membutuhkan bantuan manusia. Bukan hanya pada operator mesin produksi, tapi juga dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja. Petugas harus menyiapkan petugas yang telah memiliki sertifikasi Kemnaker untuk mengoperasikan mesin produksi. Bekal keterampilan ini didukung dengan Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur.

Jenis Pesawat Tenaga Produksi

Penggunaan Pesawat tenaga produksi yang semakin meningkat merupakan pertanda yang bagus. Kebutuhan akan tiap sektor industri bisa saja berbeda. Ada yang menyebut dengan istilah sama, tapi memiliki perbedaan pada desain dan spesifikasi. Berdasarkan Permenaker Nomor 38 Tahun 2016, disebutkan jenis pesawat tenaga dan produksi yang digunakan dalam industri.

  • Mesin Perkakas dan Produksi

Perlengkapan kerja yang wajib ada dalam dunia industri adalah mesin perkakas dan produksi. Melalui pesawat ini, manufaktur dapat melakukan proses produksi sesuai dengan bidangnya. Mesin ini berkemampuan untuk menyiapkan, membentuk, membuat, memotong, menekan, menggiling, menghancurkan bahan, merakit dan menghasilkan barang.

Pada dasarnya, produk yang dihasilkan merupakan hasil pengolahan teknis. Peralatan kerja ini termasuk dalam jenis mesin konvensional maupun mesin otomatis yang berbasis komputer (CNC). Dalam pengoperasiannya, membutuhkan operator yang kompeten. Keterampilan operator dapat ditempa melalui Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Sekaligus mendapatkan sertifikasi Kemnaker sebagai bukti kelayakan.

  • Penggerak Mula

Penggerak mula merupakan pesawat yang mampu mengubah energi menjadi tenaga mekanik. Sistem mekanik ini berfungsi untuk menggerakkan peralatan atau mesin kerja. Alat yang membutuhkan tenaga mekanik, seperti kincir angin, motor penggerak, motor bakar dan turbin.

Untuk mengoperasikan pesawat ini memerlukan tenaga ahli yang sudah mendapatkan lisensi. Izin resmi didapatkan jika lolos uji sertifikasi Kemnaker. Dengan melalui proses training K3 Kemnaker Mesin Produkasi & Perkakas, Tanur. Karena sangat beresiko jika dikerjakan oleh sembarang pekerja.

  • Transmisi Tenaga Mekanik

Jenis mesin ini merupakan peralatanmesin untuk menghasilkan gerakan mekanik sebagai pendorong komponen lain bekerja. Terdiri dari transmisi sabuk, rantai dan roda gigi. Jika industri membutuhkan tiga komponen ini, maka harus mematuhi ketentuan pemerintah. Setiap bagian transmisi perlu dilengkapi alat perlindungan. Sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja.

Karena tersusun atas sistem mekanik yang kompleks. Alat ini tidak boleh dioperasikan oleh sembarang pekerja. Sebelum mengoperasikan alat, perusahaan harus memastikan operator telah mendapat Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Melalui pelatihan ini, operator ditempa menjadi pekerja ahli bersertifikasi Kemnaker. Sehingga memenuhi kriteria sebagai ahli K3 pesawat tenaga dan produksi.

  • Tanur

Tanur bekerja dengan memanfaatkan energi panas. Mesin ini melakukan pemanasan untuk memperbaiki, membuat, membentuk dan mengubah sifat produk. Produk yang diubah bisa berasal dari logam. Pesawat ini biasanya dilengkapi dengan sistem pendingin, sistem keamanan, tangga permanen yang tahan api dan pelataran area kerja.

Pekerjaan menggunakan tanur cukup berbahaya jika lalai. Oleh sebab itu, keselamatan kerja menjadi aspek utama yang harus dipikirkan. Pemakaian tanur hanya boleh dipegang oleh tenaga ahli. Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur dapat menambah pengetahuan bekerja sesuai dasar K3. Keahlian petugas juga akan diakui dengan mengikuti sertifikasi Kemnaker.

Penyebab Kecelakaan Kerja pada Pesawat Dapat Diminimalkan Melalui Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Penggunaan mesin produksi begitu pesat. Ini menunjukkan perkembangan yang cukup bagus. Tapi di sisi lain, dapat menimbulkan bahaya tersendiri. Terlebih lagi sistem yang digunakan cukup rumit. Di lapangan masih ditemukan kecelakaan kerja yang dapat merugikan pekerja maupun perusahaan. Berikut ini penyebab kecelakaan kerja pesawat tenaga dan produksi.

  • Design Mesin Tidak Sesuai Standar

Penggunaan pesawat tenaga dan produksi telah diatur dalam Permenaker Nomor 38 Tahun 2016 perihal Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Tenaga dan Produksi. Dalam peraturan ini telah dijelaskan syarat desain mesin yang aman. Sebagai pemilik perusahaan, berkewajiban mematuhi ketentuan pemerintah ini.

Desain yang tidak sesuai standar, beresiko mengakibatkan kecelakaan kerja. Mesin produksi dan tanur yang layak seharusnya dilengkapi dengan sistem keselamatan. Jika terjadi kerusakan atau proses yang salah, mesin dapat memberi peringatan. Dengan begitu, dapat segera diperiksa oleh tenaga ahli yang telah melewati Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur.

  • Perlengkapan Kerja Rusak

K3 tidak hanya membahas tentang keselamatan manusia. Tapi juga peralatan kerja yang digunakan. Perlengkapan kerja yang mengalami kerusakan sebaiknya tidak digunakan. Harus segera disingkirkan dari area kerja. Karena berpotensi bahaya jika tidak sengaja terpakai. Untuk selanjutnya, alat tersebut diperiksa oleh ahli K3 yang berpengalaman melalui Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Karena pekerja ini telah mengantongi izin sertifikasi Kemnaker.

  • Pemeliharaan dan Perawatan Kurang Optimal

Mesin dan peralatan kerja lain perlu dilakukan perawatan rutin. Kegiatan ini bertujuan menjaga kondisi pesawat tenaga produksi tetap baik. Mesin yang abnormal bisa menandakan perawatan tidak optimal. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan memberikan training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Bukan hanya sekedar mendapat sertifikasi Kemnaker, tapi juga bekerja sambil memperhatikan K3.

  • Kelalaian Dalam Bekerja

Kelalaian menjadi peringkat pertama penyebab kecelakaan kerja. Ini bisa disebabkan oleh penempatan operator yang kurang kompeten. Sehingga tidak menguasai kondisi lapangan dan mesin yang sedang dioperasikan. Padahal, keterampilan ini bisa diasah melalui training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Operator wajib lolos sertifikasi Kemnaker untuk mendapatkan lisensi resmi.

Kelompok Operator K3 Mesin Produksi & Perkakas, Tanur

Pekerjaan dengan peralatan yang kompleks, membutuhkan tenaga ahli yang kompeten pada bidangnya. Mesin produksi dan tanur bukanlah perangkat biasa. Sehingga operator dan ahli K3 berpengaruh terhadap keselamatan kerja. Berikut ini kelompok pekerja ahli yang dibutuhkan dalam pesawat tenaga dan produksi.

  • Operator K3 Penggerak Mula

Tugas operator K3 ini berkaitan dengan turbin uap, kincir angin dan motor penggerak. Golongan operator ini terdiri atas kelas 1 dan 2. Setiap kelas memiliki kriteria dan tanggung jawab yang berbeda. Operator kelas 2 bisa naik posisinya menjadi kelas 1. Asal memenuhi syarat yang telah ditentukan. Setiap terjadi perubahan kelas, maka perlu mengikuti Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Sehingga sertifikasi Kemnaker akan diperbarui.

  • Operator K3 Mesin Perkakas dan Produksi

Operator K3 mengurusi masalah mesin produksi, seperti mesin cetak, mesin bubut, mesin jahit, mesin tenun, mesin penggiling, dan lain-lain. Mesin-mesin tersebut berhubungan dengan proses produksi. Sehingga bisa dibilang mengubah bahan baku menjadi bahan jadi. Untuk itu, perusahaan memerlukan operator yang cakap dalam bidangnya. Bekal keterampilan ini tersedia pada training K3 Kemnaker Mesin Produksi & Perkakas, Tanur.

  • Operator K3 Tanur

Mengoperasikan Mesin tanur beresiko tinggi. Kesadaran K3 perlu dimiliki oleh operator. Karena pekerjaan ini berhubungan dengan temperature tinggi. Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur menjadi syarat bekerja sesuai kualifikasi. Dengan begitu, operator K3 dapat mengantongi sertifikasi Kemnaker.

Perkembangan pesawat tenaga dan produksi sebaiknya diimbangi dengan upaya K3. Sudah kewajiban perusahaan untuk melindungi para pekerja dengan fasilitas Training K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Mesin Produksi & Perkakas, Tanur. Operator K3 wajib didukung untuk memperoleh sertifikasi Kemnaker. Agar mampu memanfaatkan keterampilan yang dimiliki.