Ayana Duta Mandiri

gambar Set Up SMK3 atau K3 Perusahaan

Di Indonesia angka kecelakaan kerja masih terolong tinggi dan semakin mengerikan. Organisasi buruh dunia (ILO) sudah berulang kali menyatakan bahwa standart keselamatan kerja di Indonesia masuk dalam peringkat buruk. Tidak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak perusahaan dalam negeri yang memberlakukan tata kelola K3 dengan asal-asalan.

Lemahnya penerapan dan pengawasan menjadi semakin memperburuk keadaan. Tingginya kecelakaan kerja merupakan indikasi dari penerapan SMK3 yang saat ini buruk. Jadi untuk mengetahuinya, diperlukan penilaian dan mengukur pencapaian dalam penerapan SMK3 di setiap perusahaan. Melalui penilaian SMK3 tersebut akan diketahui apakah program K3 yang dilaksanakan sesuai dengan regulasi atau tidak.

Pelaksanaan penilaian SMK3 ini bertujuan untuk membuktikan tingkat kecapaian penerapan dan pengembangan dari kinerja K3 di sebuah perusahaan yang sesuai dengan SMK3 dan ketentuan hukum yang berlaku. Sederhananya, penilaian SMK3 ini dilakukan untuk mengukur efektivitas dari pelaksanaan suatu sistem untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, penilaian SMK3 ini juga memiliki beberapa manfaat yang didapatkan seperti berikut ini.

Manfaat Penilaian SMK3 pada Perusahaan

  • Pihak manajemen bisa mengetahui kelemahan-kelemahan dari setiap unsur dalam SMK3 untuh pencegahan gangguan operasional, kecelakaan atau insiden dan kerugian lainnya.
  • Mengethaui gambaran-gambaran secara jelas dan lengkap mengenai kinerja K3 di sebuah perusahaan.
  • Meningkatkan pemenuhan terhadap peraturan UU dibidang K3.
  • Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran tentang K3.
  • Meningkatkan produktivitas kerja pada perusahaan.

Perusahaan yang telah melaksanakan penerapan SMK3 ini, selanjutnya akan dilakukan penilaian penerapan SMK3 melalui Audit Eksternal oleh lembaga audit yang telah terakreditasi atau ditunjuk oleh Menteri.

Dengan penerapan SMK3 dan memiliki sertifikat SMK3, maka perusahaan dinilai telah membantu terselenggaranya program pemerintah dalam percepatan infrastruktur Indonesia.

Dalam hal tersebut, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra kerja perusahaan dalam melakukan penilaian. Dalam mencapai pengakuan yang formal berupa sertifikat SMK3, nantinya perusahaan mesti mengikuti Audit Eksternal yang dilakukan oleh PT. Ayana Duta Mandiri yang bekerjasama dengan Lembaga Audit yang bermitra dengannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?