Ayana Duta Mandiri

Gambar Safety Inspection Technique

Kecelakaan kerja yang terjadi sering muncul sebagai suatu akibat oleh berbagai faktor.Dimana faktor utama dalam hal ini sebagai penyebab kecelakaan kerja yakni kondisi dan tindakan substandar di lingkungan kerja.Kondisi dan tindakan substandar yang dimaksud adalah segala hal yang tidak sepenuhnya mengikuti standar atau panduan yang berlaku. Kondisi seperti ini yang terjadi berulang-ulang akan membudaya dan lambat laun berubah menjadi kecelakaan kerja yang berpotensi menyebabkan kerugian langsung maupun tidak langsung.

Dalam menanggulangi resiko kecelakaan kerja tersebut, kegiatan inspeksi bisa menjadi cara terbaik dalam menemukan titik permasalahan dan menilainya sebelum potensi kecelakaan dan kerugian benar-benar terjadi. Inspeksi yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan konsep safety inspection technique yang dilakukan untuk menemukan kondisi dan tindakan substandar yang sering terjadi dan tindakan perbaikan yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya resiko fatal di tempat kerja.

Sekilas Tentang Safety Inspection

Safety Inspection adalah sebuah upaya pemeriksaan yang mendetail di lingkungan kerja dalam mengidentifikasi potensi atau resiko bahaya atas kondisi substandar yang dilakukan.Selain itu, upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa analisis bahaya-bahaya yang diperoleh dapat dikelola, dikendalikan, dan dieliminasi. Tujuan dari proses ini yakni untuk menjaga lingkungan kerja agar tetap aman, mengontrol unsafe acts and conditions, serta untuk memastikan seluruh efisiensi operasional dan pemenuhan standar K3. Adapun langkah-langkah utama dalam penerapan Safety Inspection Technique, yaitu:

  • Pre-Inspection. Tahap ini adalah peninjauan awal untuk mengidentifikasi kembali bahaya, checklist, serta seluruh histori laporan kecelakaan dan cidera yang pernah terjadi.
  • Walk Through Inspection.Merupakan peninjauan lapangan untuk mengidentifikasi Unsafe Act dan Unsafe Conditiondari pekerja, peralatan maupun lingkungan kerja yang memiliki potensi menimbulkan bahaya.
  • Reporting. Tahap ini adalah tahap pencatatan dan pelaporan temuanyang dihasilkan, berupa kondisi dan tindakan yang tidak mengikuti standar K3 yang berlaku.

Pelatihan Safety Inspection Technique

Dalam pengimplementasian safety inspection ini, dibutuhkan proses yang tepat dan akurat oleh pihak yang telah berkompeten di dalamnya. Untuk itu, pelatihan Safety Inspection Technique adalah solusi untuk menghasilkan sumber daya yang ahli dalam hal ini.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi salah satu mitra terbaik untuk menghadirkan pelatihan ini kepada para pekerja suatu perusahaan yang membutuhkan.Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya untuk tetap menjaga budaya keamanan dan keselamatan dalam lingkungan kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?