Ayana Duta Mandiri

Gambar RESPIRATORY PROTECTION (SCBA)

Angka kecelakaan kerja pada sektor konstruksi di dunia pada umumnya lebih tinggi jika disbanding dengan kecelakaan pada sektor lainnya seperti sektor manufaktur ataupun sektor industri. Tingginya angka kecelakaan pada sektor konstruksi ini bersumber dari berbagai factor, diantaranya, pekerjaan yang beresiko tinggi, rendah dan kurangnya tenaga Ahli Muda K3 Konstruksi, serta rendahnya komitmen pengusaha.

Permasalahan K3 konstruksi yang biasanya menjadi penyebab banyaknya kecelakaan kerja, contohnya seperti rendahnya pemahaman dan kepekaan terhadap bahaya dan resiko konstruksi, tidak menguasai peralatan keselamatan atau Alat pelindung diri dan metoda kerja konstruksi yang benar.

Pentingnya Respiratory Protection

Alat pelindung diri merupakan perlengkapan yang harus digunakan agar pekerja terlindung dari bahaya yang bisa menyebabkan cedera atau penyakit serius terkait pekerjaannya. Alat pelindung diri telah didesain khusus dan sudah sesuai dengan bidang pekerjaannya. Salah satu peralatan keselamatan yang sangat berperan penting yaitu Respiratory Protection atau alat pelindung pernafasan.

Respiratory Protection (SCBA) merupakan alat bantu pernafasan yang di gunakan oleh satu orang yang berisi udara segar dan dekemas dalam tabung (slinder). Agar pengguna tidak bergantung pada udara di sekitar dalam jangka waktu tertentu.

Alat pelindung pernapasan atau Respiratory Protection berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel yang berupa debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/fume, dan sebagainya. Beberapa Alat Pelindung Pernapasan diantaranya:

  • Masker
  • Respirator
  • Katrit
  • Kanister
  • Re-breather
  • Airline respirator
  • Continues Air Supply Machine/Air Hose Mask Respirator
  • Tangki selam dan regulator (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus/SCUBA)
  • Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA)
  • Emergency breathing apparatus.

Jika pekerja belum menguasai peralatan keselamatan diri dan metode kerja konstruksi secara benar, bermitra dengan PT. Ayana Duta Mandiri adalah solusi terbaik bagi perusahaan untuk mengadakan pelatihan atau training Job Safety Analyst kepada para pekerja atau karyawan yang memerlukannya.

PT. Ayana Duta Mandiri sendiri telah berpengalaman dalam bidang manajemen dan pelatihan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan penerapan budaya K3 di lingkungan kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?