Ayana Duta Mandiri

Gambar permit to work system

Bagi sebagian pekerja di suatu perusahaan ataupun lembaga, surat izin kerja atau permit to work hanyalah suatu berkas formalitas untuk melaksanakan pekerjaan tertentu atau sebelum memasuki lokasi berbahaya dalam pekerjaannya. Padahal, pada dasarnya pembuatan izin kerja tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa pekerja akan melakukan pekerjaannya dengan aman dan efisien sesuai prosedur keselamatan yang diterapkan. Izin kerja ini tidak hanya dalam rangka meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kerja, tetapi juga untuk menghindari kerusakan dan melindungi peralatan kerja dari hal-hal berbahaya.

Pentingnya Permit to Work System 

Permit to Work System sangat perlu untuk diterapkan dalam rangka mengendalikan jenis pekerjaan tertentu yang berpotensi berbahaya bagi para pekerjanya. Berbagai data statistik menyatakan bahwa saat ini telah banyak ditemukan kasus kecelakaan kerja yang bersumber dari lemahnya Sistem Izin Kerja yang berlaku dan tidak tersusun dengan benar. Oleh sebab itu, Permit to Work System harus dibangun dan dikelola dengan tepat oleh setiap industri, terutama yang memiliki lingkungan kerja dengan resiko yang tinggi. Setiap jenis pekerjaan memiliki risk assessment tersendiri untuk menentukan besarnya proteksi yang harus disiapkan dalam menjamin keberlangsungan pekerjaan dengan efektif dan aman.

Penyusunan Permit to Work Systemdiperlukan untuk membedakan pekerjaan rutin yang telah tercover melalui SOP dan pekerjaan tidak rutin yang tercover melalui Permit to Work System ini sendiri. Beberapa hal yang berkaitan dengan sistem ini, di antaranya general permit, hot work permit, confined space entry permit, serta beberapa jenis permit lain yang lebih spesifik, seperti penanganan bahan berbahaya, penggalian, dan lain sebagainya. Untuk melengkapi sistem secara keseluruhan, maka dibutuhkan suatu sistem isolasi, baik secara proses maupun secara elektrikal, yang disebut dengan istilah LOTO (lock out tag out) System untuk memastikan standarisasi dan memastikan efektifitas sistem yang berjalan.

Perlunya Pelatihan Permit to Work System 

Mengingat betapa penting dan diperlukannya skema Permit to Work System yang baik dan benar, maka melakukan persiapan Safety Permit System adalah hal yang wajib dilakukan oleh pelaku industri dalam upaya untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja. Meskipun sistemnya cukup sederhana, namun demi mencapai hasil yang maksimal, maka harus dijalankan oleh semua lini departmen yang ada. Tidak heran jika beberapa lembaga kerap menyediakan layanan pelatihan yang menyangkut masalah permit to work system tersebut kepada beberapa industri yang membutuhkan. Salah satunya seperti yang disediakan oleh PT. Ayana Duta Mandiri.

PT. Ayana Duta Mandiri sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manajemen dan pelatihan dalam hal pengembangan dan pengoptimalan Safety System di lingkungan industri. Oleh sebab itu, perusahaan ini bisa menjadi mitra terbaik bagi industri yang membutuhkan layanan training atau pelatihan yang berkaitan dengan segala masalah keamanan dan keselamatan kerja di perindustrian, di mana salah satunya yaitu training permit to work system itu sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?