You are currently viewing Pentingnya Memiliki Ahli K3 Lengkap dengan dengan Sertifikasi K3-nya

Pentingnya Memiliki Ahli K3 Lengkap dengan dengan Sertifikasi K3-nya

Sertifikasi K3 – Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya dikenal dengan istilah K3 merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja. Ini adalah bidang yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, serta kesejahteraan setiap orang atau individu yang bekerja pada suatu perusahaan atau tempat kerja lainnya. Melaksanakan penerapan K3 di lingkungan kerja atau di tempat kerja sangatlah penting. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait dengan hal tersebut. Oleh karena itu, setiap dunia kerja atau perusahaan wajib memiliki sertifikasi K3.

Setiap bidang pekerjaan tentu memiliki potensi risiko bahaya yang berbeda-beda. Oleh karenanya ahli K3 untuk setiap bidang pekerjaan dan industri tidak sama. Untuk memastikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 telah dilaksanakan secara optimal dalam suatu perusahaan atau lingkungan kerja, maka dibutuhkan peran dari ahli K3. Namun, tidak semua orang atau pekerja bisa menjabat sebagai ahli K3 dan memiliki tanggung jawab tersebut. karena untuk menjadi seorang ahli K3 dibutuhkan pelatihan khusus dan mendapatkan sertifikasi dari lembaga terkait. Sehingga ahli K3 tersebut dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Program pelatihan K3 penting bagi setiap perusahaan. Terutama bagi perusahaan yang memiliki risiko bahaya tinggi. Dengan pelatihan K3 para pekerja akan memiliki pengetahuan yang baik mengenai penerapan K3 di lingkungan kerja. Sedangkan sebagai seorang ahli K3, pelatihan tersebut tentu penting untuk meningkatkan kompetensi di bidang K3. Selain itu, sertifikasi K3 juga bisa membuat perusahaan memiliki kualifikasi yang lebih baik. Dengan memiliki sertifikasi tersebut, tentu perusahaan melalui ahli K3 dapat memperoleh manfaat, seperti:

Mampu melaksanakan operasional K3

Setelah mengikuti setiap sesi pelatihan yang diadakan oleh lembaga terkait, seorang ahli K3 dapat melaksanakan operasional K3 sesuai standar yang ada. Tentu hal tersebut sangat penting dalam mendukung terlaksananya keselamatan dan kesehatan kerja.

Mendapatkan sertifikat K3

Seorang ahli K3 yang telah mengikuti pelatihan dan program sertifikasi tentunya bisa mendapatkan sertifikat K3. Dimana kemudian sertifikat tersebut bisa digunakan untuk membuka peluang anda menempati profesi yang diinginkan.

Menunjang promosi jabatan

Dengan memiliki sertifikat K3 dapat membantu anda untuk bisa naik jabatan pada sebuah perusahaan. Dengan sertifikat K3 maka anda memiliki nilai tambah dan kualifikasi lebih yang bisa digunakan untuk mengajukan kenaikan jabatan kepada perusahaan.

Baca Juga: Pelajari Mengapa Pelatihan K3 Menjadi Prioritas Utama Dalam Dunia Kerja

Memahami lingkungan kerja dengan baik

Seorang ahli K3 yang telah lulus sertifikasi diharapkan dapat lebih memahami situasi yang berkaitan dengan lingkungan kerja. Sehingga, mereka memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai tanggung jawab sebagai seorang ahli K3.

Membantu mengurangi angka kecelakaan kerja

Seorang ahli K3 memiliki tugas untuk melakukan analisis terhadap potensi bahaya yang mungkin terjadi. Ahli K3 juga perlu untuk melakukan evaluasi terkait dengan sistem manajemen K3 yang ada di perusahaan. Hal tersebut ditujukan untuk mengurangi angka kecelakaan kerja.

Meningkatkan citra perusahaan

Memiliki seorang ahli K3 yang telah bersertifikasi dapat membantu meningkatkan citra dari sebuah perusahaan. Karena seorang ahli K3 bertanggung jawab bagi keselamatan dan kesehatan para pekerja dan karyawan di dalam lingkungan kerja. Dengan sertifikasi K3 tentu perusahaan dapat membangun citra positif bagi setiap orang.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan sertifikasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has 2 Comments

Comments are closed.