PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Gambar PENGGALIAN TANAH (EXCAVATION)

Umumnya proyek konstruksi tidak lepas dari pekerjaan penggalian tanah (excavation), seperti menggali, memindahkan, mengelola, serta melakukan pemadatan tanah. Pekerjaan tersebut dilakukan untuk pembuatan basement, pondasi, terowongan, gorong-gorong, dan beberapa tujuan lainnya.

Pekerjaan penggalian tanah haruslah mendapatkan perhatian khusus karena di sini seringkali terjadi kecelakaan kerja. Oleh karena itu, pihak perusahaan/kontraktor memiliki tanggung jawab untuk menjamin keselamatan pada pekerja yang ikut dalam pengerjaan penggalian tanah tersebut.

Jenis-Jenis Kecelakaan yang Sering Terjadi

Saat penggalian tanah berlangsung, seringkali terjadi kecelakaan kerja yang tidak diinginkan. Jenis-jenis kecelakaan yang sering terjadi antara lain :

  • Terperosok ke dalam galian.
  • Terperangkap di dalam galian.
  • Tertimpa material.
  • Kekurangan oksigen.
  • Tersengat listrik.
  • Menghirup kandungan gas beracun di dalam tanah.
  • Alat berat terguling ke dalam galian.

Berbagai jenis kecelakaan kerja yang terjadi di atas tidak saja mengakibatkan kerugian dari segi materi, tetapi lebih dari itu karena mengakibatkan pekerja terluka bahkan kehilangan nyawa.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja

Terjadinya kecelakaan kerja pada saat penggalian tanah berlangsung disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

1.Faktor Unsafe Act

Faktor ini terkait dengan tindakan pekerja di lapangan yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja. Beberapa faktor penyebabnya adalah pekerja tidak mengikuti instruksi kerja, penggunaan alat kerja yang tidak sesuai, tidak menggunakan safety tool (peralatan dan perlengkapan keselamatan) yang seharusnya, dan beberapa faktor lainnya.

2.Faktor Unsafe Condition

Faktor ini terkait dengan kondisi lingkungan kerja yang menyebabkan potensi terjadinya kecelakaan semakin besar. Beberapa faktor penyebabnya adalah alat kerja yang cacat, penerangan kurang memadai, tanda-tanda peringatan yang kurang memadai, penyelidikan tanah yang kurang akurat, dan beberapa faktor lainnya.

Pelatihan Penggalian Tanah (Excavation)

Berdasarkan penjelasan di atas, sangat penting bagi perusahaan/kontraktor, serta berbagai pihak yang terlibat dalam pekerjaan penggalian tanah untuk memberikan pelatihan kepada para pekerja terkait keselamatan kerja dan faktor-faktor pendukungnya saat mengerjakan project penggalian tanah.

PT. Ayana Duta Mandiri merupakan mitra yang tepat bagi perusahaan yang ingin memberikan pelatihan bagi para pekerja terkait berbagai hal yang bisa mendukung keselamatan kerja saat pekerjaan penggalian tanah berlangsung. Sebagai perusahaan yang sudah lama bergerak di bidang management dan pelatihan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), PT. Ayana Duta Mandiri merupakan mitra yang tepat bagi perusahaan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?