PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah suatu istilah untuk menerangkan suatu zat, energi, atau jenis material lain yang dapat mencemarkan, merusak, serta membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, maupun kelangsungan hidup makhluk lainnya. Meskipun memiliki resiko bahaya yang besar, namun perkembangan bidang industri  saat ini kian meningkatkan hasil limbah B3 ini ke lingkungan.

Semakin tingginya hasil limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang dihasilkan oleh setiap perusahaan atau industri, maka sasarannya tak lain adalah lingkungan atau alam. Mengingat sifatnya berbahaya dan beracun, maka sudah sepatutnya setiap perusahaan atau industri terkait memperhatikan pengelolaan limbahnya dengan lebih seksama.

Bahaya Limbah B3 dan Pengelolaannya

Pengelolaan limbah B3 yang tidak tepat dapat menyebabkan resiko bahaya yang tidak kecil.Bahan atau material yang termasuk ke dalam klasifikasi limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) memiliki sifat seperti mudah meledak, mudah menyala, pengoksidasi, bersifat korosif dan pengiritasi, dan tentu saja beracun.Hal ini menjadi alasan betapa pentingnya pengelolaan limbah B3 tersebut.

Oleh sebab itu, setiap pekerja atau pelaku usaha yang turut menghasilkan limbah B3 dalam pengelolaan usahanya wajib melakukan pengelolaan dan pengendalian yang tepat sasaran. Adapun bentuk pengelolaan dan pengendalian tersebut mencangkup proses penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan, hingga penimbunan. Jika perlu, agar pengelolaan limbah B3 dapat dilakukan dengan tepat, setiap aktivitas pengelolaan tersebut sebaiknya telah memiliki izin yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan Pengelolaan dan Penanganan Limbah B3

Setelah mengenal bahaya serta gambaran umum tentang pentingnya pengelolaan dan penanganan limbah B3, maka selanjutnya adalah memastikan seluruh pelaku usaha atau pekerja suatu industri telah dibekali dengan pemahaman-pemahaman tersebut.Oleh sebab itu, pelatihan pengelolaan dan penanganan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) bertujuan untuk menanamkan pemahaman serta melatih setiap pesertanya dalam mengidentifikasi limbah B3 berdasarkan karakteristiknya hingga mendesign dan merencanakan sistem pengelolaannya.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi pilihan mitra yang tepat dalam hal ini, jika perusahaan atau lembaga Anda akan mengadakan pelatihan mengenai masalah tersebut. Pasalnya, perusahaan ini telah berpengalaman dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan kepada perusahaan atau industri menyangkut segala persoalan dalam bidang keamanan dan keselamatan kerja, termasuk identifikasi limbah B3 dan pengelolaannya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?