Ayana Duta Mandiri

Kecelakaan tentu saja adalah hal yang tak diinginkan oleh siapapun namun kapan saja bisa terjadi secara tak terduga. Berbagai jenis akibat dari kecelakaan, baik luka ringan atau berat maupun infeksi,harus segera ditangani. Sebelum terlambat atau menyebabkan kondisi yang lebih parah, maka dikenallah istilah mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).Istilah ini merujuk pada tindakan darurat yang harus segera dilakukan untuk membantu korban kecelakaan jika petugas medis belum datang dan bertindak.Tujuan utama dari P3K yaitu untuk membantu korban kecelakaan agar tidak terjadi kondisi yang semakin parah akibat terlambatnya penanganan yang diberikan.

Pentingnya Pelatihan P3K bagi Perusahaan

Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecekalaan pada umumnya juga dikenal dengan istilah Basic First Aid. Pelatihan ini dirancang khusus untuk siapa saja yang tidak termasuk kategori petugas medis sebagai pembekalan untuk menghadapi keadaan darurat seperti kecelakaan.Salah satu alasan pentingnya pelatihan ini, yaitu agar setiap orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan medis dapat menangani kasus kegawatdaruratan di suatu lokasi kecelakaan. Kasus-kasus tersebut dapat berupa henti jantung, henti napas, perdarahan, dan kasus kegawatdaruratan medis lainnya.

Pelatihan Basic First Aid juga cukup diperlukan di lingkungan perusahaan, mengingat resiko terjadinya kecelakaan kerja juga cukup tinggi.Setiap kecelakaan yang terjadi tentunya dapat menimbulkan efek kerugian terhadap perusahaan, sebab sumber daya manusia adalah salah satu aspek yang sangat berpengaruh pada sistem operasional yang berjalan.Oleh sebab itu, untuk menghindari kondisi kecelakaan yang semakin parah, diperlukan suatu tindakan yang spontan namun tepat untuk menanganinya.Tindakan-tindakan tersebut tentu saja berasal dari suatu keterampilan khusus dalam menangani kasus-kasus serupa.Keterampilan tersebut dapat diperoleh melalui metode pelatihan yang bisa kapan saja diadakan oleh perusahaan dalam upaya untuk penanganan kasus-kasus kecelakaan kerja yang terjadi di dalam perusahaan terkait.

PT. Ayana Duta Mandiri dapat menjadi partner atau mitra yang tepat bagi perusahaan atau lembaga apapun yang ingin mengadakan jenis pelatihan tersebut.Ayana Duta Mandiri telah dikenal memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan kompetensi keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja.Pelatihan Basic First Aid juga merupakan salah satu jenis pelatihan yang dapat berikan oleh layanan ini bagi perusahaan atau lembaga yang membutuhkan.

Tujuan dari Pelatihan P3K

Pelatihan P3K atau Basic First Aid pada umumnya merangkum beberapa hal mengenai pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi tindakan gawat darurat pada kecelakaan sebagai upaya pertolongan pertama. Secara garis besar, tujuan dari pelatihan tersebut, antara lain:

  1. Meningkatkan pengetahuan tentang P3K
  2. Memahami pelaksanaan P3K
  3. Meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja
  4. Bersama dalam team emergency respond membantu korban saat keadaan gawat darurat

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?