PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Gambar Pelatihan GMP

GMP(Good Manufacturing Practices) merupakan suatu praktik yang diperlukan untuk mematuhi pedoman yang direkomendasikan oleh lembaga pengendalian otisasi dan lisensi penjualan makanan dan minuman. Hal tersebut berlaku bagi industri yang baru mulai beroperasi maupun yang sudah beroperasi. GMP sendiri mengendalikan mutu dan hygienis produk melalui pengendalian faktor lingkungan kerja dan proses produksi.

Implementasi yang efektif dari System Management yaitu dengan menerapkan konsep Hygiene & Sanitation pada system GMP yang memberikan keyakinan dan manfaat dalam suatu industri makanan dan industri kemasan. System ini sangat penting diterapkan dalam perindustrian dan perusahaan jasa untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang akan dihasilkan.

Untuk memastikan bahwa proses pengolahan, penyimpanan dan distribusi produk makanan atau kemasan dalam kondisi baik, mendekati produk yang diinginkan dan memenuhi syarat aman customer, maka diperlukan pemahaman mengenai GMP. Maka dari itu adanya pelatihan GMP akan membantu sebuah industri dalam menerapkan standart GMP secara efektif.

Tujuan Pelatihan GMP

  • Memahami dasar dan konsep dari GMP
  • Mengimplementasikan standart GMP secara efektif sesuai dengan bidang yang dijalani
  • Membangun manajemen mutu perusahaan yang tepat
  • Mampu mengembangkan SOP atau prosedur untuk penerapan GMP dalam meningkatkan kualitas dan jaminan mutu produk maupun jasa
  • Ikut bersaing dengan perdagangan bisnis Nasional dan Internasional
  • Mampu menciptakan terobosan-terobosan baru dalam pengembangan bisnis perusahaan dengan memanfaatkan SDA dan SDM yang ada
  • Memperoleh pemahaman interpretasi mengenai prinsip dan kriteria GMP
  • Menambah wawasan dengan adanya diskusi dari studi kasus dengan perusahaan lain

Pentingnya Penerapan GMP

Beberapa industri menyimpulkan bahwa pentingnya menerapkan GMP pada sebuah bisnis dengan adanya beberapa alasan seperti berikut ini.

  • Memastikan bahwa proses pengolahan, penyimpanan dan distribusi produk dalam kondisi terkontrol
  • Untuk mengembangkan sistem mutu agar bisa dipastikan bahwa produk tersebut aman, sehat dan memenuhi syarat dari pelanggan.
  • Untuk penetrasi pasar luar negeri yang menembus barrier trade dan masuk ke industri lainnya sebagai supplier.

Maka dari itu, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengikuti pelatihan GMP ini. Pada pelatihan ini Anda akan mendapatkan pedoman yang memberikan syarat minimum yang harus dipenuhi oleh produsen untuk memastikan bahwa produk Anda berkualitas tinggi secara konsisten.

Tambahan lainnya yaitu mencakup pada produk akhir yang bebas dari kontaminasi, konsisten dalam pembuatannya yang telah didokumentasikan dengan baik bahwa personel sudah terlatih dengan baik dan produk telah diperiksa kualitasnya pada tahap akhir.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?