You are currently viewing Pelajari Mengapa Pelatihan K3 Menjadi Prioritas Utama Dalam Dunia Kerja

Pelajari Mengapa Pelatihan K3 Menjadi Prioritas Utama Dalam Dunia Kerja

Pelatihan K3 – Keselamatan dan kesehatan kerja adalah prioritas utama dalam dunia kerja. mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan timbulnya penyakit akibat kerja tentu menjadi hal penting yang harus dijadikan sebagai prioritas utama. Ini tidak hanya penting bagi semua pekerja di tempat kerja, tapi juga penting bagi perusahaan serta lingkungan sekitar. Demi menunjang keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 tersebut, perusahaan harus membuat program pelatihan K3 yang berkelanjutan. Hal tersebut sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Pelatihan atau training K3 merupakan program pelatihan yang diselenggarakan secara khusus. Program pelatihan tersebut ditujukan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para pekerja mengenai bidang K3. Yaitu tentang prosedur pelaksanaan pekerjaan dan pengetahuan yang berkaitan dengan risiko bahaya yang ada di tempat kerja dan bagaimana pencegahannya. Ketahui berbagai manfaat yang didapatkan dengan mengadakan program pelatihan dalam bidang K3 yang efektif bagi pekerja, meliputi:

  • Mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari para pekerja
  • Membantu para pekerja untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan aman, tanpa menimbulkan risiko bagi kesehatannya
  • Membantu mengurangi dan mencegah kecelakaan kerja
  • Dapat mengurangi tingkat absensi dan penggantian pekerja
  • Mengurangi biaya kompensasi yang dibutuhkan akibat kecelakaan kerja
  • Mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk pemeliharaan mesin dan kerusakan alat kerja
  • Meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas kerja
  • Membangun jalinan komunikasi yang lebih baik
  • Menciptakan kerja sama yang baik bagi para pekerja di tempat kerja
  • Mengembangkan dengan baik budaya K3 sehingga menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat
  • Memenuhi setiap kewajiban hukum bagi para pengusaha untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para pekerja.

Para pekerja yang ada di lingkungan perusahaan memerlukan program pelatihan K3. Karena dengan pelatihan tersebut mereka dapat memahami dengan baik sistem keselamatan yang berlaku, prosedur bekerja aman, dan pengendaliannya. Oleh karena itu, prosedur pelatihan tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan. Perusahaan dapat memilih prosedur pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan para peserta pelatihan. Dengan begitu, para peserta pelatihan serta perusahaan dapat memperoleh manfaat dari program pelatihan tersebut secara optimal.

Baca Juga: Ketahui Jenis Training K3 Bagi Para Pekerja

Setiap perusahaan harus melaksanakan setidaknya empat tingkat pelatihan atau training K3. Yang pertama yaitu pelatihan awal yang mana sangat diperlukan sebelum para pekerja memulai pekerjaan mereka. Selanjutnya, pelatihan atau training K3 tahunan untuk jenis pekerjaan tertentu. Yang mana termasuk pekerjaan yang berhubungan dengan bidang medis dan lingkungan. Kemudian ada pelatihan inkremental yang ditujukan untuk meningkatkan serta mengembangkan keterampilan pekerja secara khusus. Program pelatihan tersebut dilaksanakan setiap tahun atau setiap tiga tahun sekali. Serta pelatihan mengenali potensi bahaya yang mana dilakukan setiap kali perusahaan mengidentifikasi bahaya di tempat kerja baru.

Pelatihan K3 menjadi salah satu sarana penting untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pekerja tentang K3 di tempat kerja. Program pelatihan atau training K3 menjadi suatu keharusan bagi setiap perusahaan untuk hasil yang lebih maksimal. Baik itu dari hasil kinerja para pekerja serta mewujudkan terselenggaranya zero accident dan budaya K3 yang positif di tempat kerja atau perusahaan. Prosedur pelatihan atau training K3 harus dilakukan secara bertahap agar para pekerja memahami dan menerapkan pengetahuan K3 dengan baik.

PT Ayana Duta Mandiri hadir untuk Anda sebagai sebuah perusahaan Konsultan, Training, Sertifikasi & Inspeksi yang salah satunya adalah jasa di bidang Manajemen dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Health Safety & Environment (HSE). Dimana pastinya perusahaan ini memiliki dedikasi tinggi untuk mendukung organisasi maupun non organisasi dalam penyediaan jasa Keselamatan dan Kesehatan dalam bekerja untuk mencapai Zero Accident di semua sektor industri di Indonesia.

Untuk mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang kompeten dan profesional, Anda bisa menghubungi kontak person kami atau kontak WhatsApp PT. Ayana Duta Mandiri. Karena semua pelatihan yang kami berikan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan yang pasti besar manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk para karyawan.

This Post Has One Comment

Comments are closed.