PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Dunia perindustrian pastinya tidak bisa terlepas dari berbagai jenis bahan-bahan kimia yang beracun dan berbahaya.Meskipun merupakan unsur yang tak dapat dilepaskan, namun bahan-bahan kimia berbahaya tersebut dapat menimbulkan berbagai kerugian fisik dan meterial jika tidak diberikan penanganan yang tepat.

Jenis bahan-bahan kimia seperti ini umumnya dapat dijumpai dalam bentuk bahan produksi maupun bahan buangan (waste).Disebutkan sebagai bahan yang berbahaya karena selain sifatnya yang beracun, korosif dari bahan-bahan tersebut juga mudah terbakar hingga meledak.Untuk itu, dibutuhkan suatu pemahaman khusus dalam penanganannya yang disebut dengan Material Safety Data Sheet (MSDS).

Sekilas tentang Material Safety Data Sheet (MSDS)

Material Safety Data Sheet (MSDS) atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) merupakan sutau dokumen yang berisi tentang informasi bahan kimia yang digunakan dalam suatu proses operasional dan produksi, yang meliputi sifat fisik dan kimia bahan, jenis bahaya beserta cara penanganannya, hingga tindakan khusus dalam keadaan darurat.

Secara singkat, MSDS ini juga bisa diartikan sebagai dokumen yang berisi informasi-informasi penting seputar karakteristik dan potensi bahaya dari sebuah zatkimia yang digunakan, baik yang menyangkut kesehatan, kebakaran, reaktifitas, maupun lingkungan.Sehingga dapat dikatakan, tujuan dari adanya pemahaman mengenai hal ini yakni untuk mempelajari bagaimana bekerja dengan zat kimia secara aman dan tepat.

Pentingnya Material Safety Data Sheet (MSDS)

Mengenal bahaya dari zat yang terkandung dalam suatu bahan kimia adalah langkah awal yang baik agar segala aktivitas yang melibatkan zat tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.Langkah awal tersebut dapat dimulai dengan memahami Lembar Keselamatan Bahan atau MSDS agar segala potensi bahaya dari zat kimia yang ada dapat diminimalisir.

Layaknya sebuah Standar Operasional (SOP), pelatihan mengenai Material Safety Data Sheet (MSDS) ini juga cukup mutlak diadakan oleh perusahaan atau industri terkait.Hal ini bertujuan agar semua orang yang terlibat atau berhubungan dengan penggunaan bahan kimia berbahaya dapat terhindar dari potensi bahaya yang dapat ditimbulkan.

Berbicara mengenai pelatihan dalam bidang keamanan dan keselamatan kerja, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi pilihan yang tepat dalam hal ini. Sebab, perusahaan yang telah lama bergerak dalam bidang manajemen keamanan dan keselamatan kerja ini tercatat telah sering berkonstribusi dalam mewujudkan dan mengembangkan budaya safety di lingkungan kerja di Indonesia. PT. Ayana Duta Mandiri menyediakan layanan pendidikan dan pelatihan, termasuk pelatihan MSDS ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?