PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Beberapa kecelakaan kerja yang sampai mengakibatkan kematian atau fatality umumnya terjadi karena pekerjaan tersebut berhubungan dengan penggunaan peralatan atau mesin yang tidak putus atau berhenti.Jenis peralatan dan mesin tersebut diantaranya seperti motor listrik, mesin pemotong, pompa, peralatan dengan sistem hidrolik, dan lain sebagainya.

Agar dapat terhindar dari resiko yang fatal, maka dibutuhkan suatu prosedur keselamatan kerja dalam upaya melindungi pekerja yang berdekatan atau berhubungan langsung dengan circuit dan peralatan bertenaga listrik, hidrolik, maupun tekanan tinggi, dari cidera dan resiko kecelakaan yang lebih parah. Prosedur keselamatan seperti ini umumnya dikenal dengan istilah LOTO (Log Out and Tag Out).

Sekilas tentang LOTO (Log Out and Tag Out)

LOTO (Log Out and Tag Out) merupakan suatu prosedur keselamatan dan keamanan kerja dengan mematikan sumber energi dari peralatan yang bertenaga besar, serta mengunci dan memberikan tanda. Oleh sebab itu, lock out dalam istilah ini merupakan penguncian secara fisik sumber-sumber tenaga dari circuit dan peralatan setelah dimatikan. Sedangkan istilah tag out mengacu pada proses pemberian tanda dengan memberikan label yang mudah dibaca pada areal tersebut sebagai penanda bahwa kunci telah dipasang.

Prosedur LOTO ini dilakukan untuk menjamin mesin dan peralatan berbahaya telah dimatikan dan tidak dihidupkan selama pekerjaan dengan resiko yang tinggi ataupun proses perbaikan/perawatan sedang berjalan. Sehingga efek atau resiko bahaya potensial dari peralatan-peralatan berbahaya tersebut bisa dihindari.

Prosedur Umum LOTO (Log Out and Tag Out)

Prosedur LOTO ini disamping untuk melindungi pekerja dari bahaya listrik, mencegah kontak dengan circuit peralatan yang beroperasi, seperti bagian sudut, roda gigi, sumbu, dan sebagainya, prosedur ini juga dilakukan untuk mencegah keluarnya cairan, gas atau bahan berbahaya yang tidak terduga di lingkungan kerja. Adapun prosedur umum dari LOTO (Log Out and Tag Out) ini, yaitu:

  • Mengidentifikasi sumber energi potensial bahaya.
  • Mengisolasi dan mematikan sumber energi tersebut.
  • Mengunci dan memberikan tanda bahaya pada sumber energi.
  • Memastikan proses pengisolasian sumber energi tetap efektif.

Untuk memperoleh seluruh prosedur ini, suatu perusahaan dapat memberikan pelatihan atau training LOTO ini kepada para pekerjanya. PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi pilihan mitra yang tepat dalam hal ini. Sebab, perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan ini telah memiliki banyak pengalaman dalam hal ini, terutama dalam upaya untuk mewujudkan pedoman safety pada lingkungan kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?