Ayana Duta Mandiri

Gambar KEBISINGAN (NOISE)

Suara bising dari berbagai macam mesin berat memang sudah menjadi santapan sehari-hari bagi mereka yang bekerja di lingkungan kerja proyek konstruksi. Hal tersebut perlu diwaspadai, karena jika terus terpapar suara bising yang berlebihan, maka akan berpotensi terkena gangguan alat pendengaran.

Rangsangan suara yang berlebihan atau kebisingan (noise) bisa memengaruhi fungsi pendengaran. Salah satunya akan menimbulkan gangguan pendengaran akibat bising. Gangguan pendengaran pada syaraf ini terjadi karena adanya paparan bising yang keras dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus.

Pentingnya Pelatihan Mencegah Kebisingan (Noise)

Gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh kebisingan (noise), baik itu yang bersifat sementara ataupun permanen tidak boleh dianggap remeh dan diabaikan. Maka dari itu, kesadaran akan bahaya kebisingan (noise) harus dimiliki oleh para pekerja agar dapat segera melakukan pencegahan terhadap bahaya kebisingan.

Menggunakan pelindung telinga saat bekerja di ruangan dengan tingkat kebisingan yang tinggi merupakan upaya pencegahan yang paling penting. Para pekerja bisa menggunakan ear plug atau ear muff yang memiliki nilai NRR (Noise Reduction Rate) sesuai dengan nilai kebisingan di area kerja atau dengan NRR terbesar.

Karena tidak semua pekerja membawa Sound Level Meter (alat pengukur tingkat kebisingan) atau Noise Dosimeter (alat pengukur kebisingan untuk personal monitoring) saat bekerja, sehingga mereka tidak mengetahui besarnya frekuensi kebisingan di area kerja tersebut.

Maka dari itu, perusahaan sebaiknya memasang safety sign pelindung telinga untuk area kerja dengan tingkat kebisingan tinggi melebihi 85 dBA. Selain itu, pekerja juga harus mengetahui area kerja mana saja yang dapat menimbulkan risiko gangguan pendengaran akibat bising.

Mengingat pentingnya penerapan keamanan pekerja tersebut, tidak jarang beberapa perusahaan atau lembaga membutuhkan layanan pelatihan untuk mendukung dan mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra terbaik bagi perusahaan dalam hal ini untuk mengadakan pelatihan atau training Job Safety Analyst kepada para karyawan yang memerlukannya. PT. Ayana Duta Mandiri sendiri telah berpengalaman dalam bidang manajemen dan pelatihan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan penerapan budaya K3 di lingkungan kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?