PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Gambar INTERNAL AUDIT dan TEKNIK AUDIT SMK3

Berbagai jenis perusahaan di tanah air telah menerapkan Sistem Manajemen K3 atau SMK3. Tujuan dari penerapan SMK3 ini tentulah untuk meningkatkan produktifitas perusahaan dengan cara mengontrol berbagai resiko atau bahaya yang bisa terjadi di lapangan atau di perusahaan. Untuk mencegah berbagai resiko tersebut maka diterapkanlah yang namanya internal audit SMK3.

Dengan adanya internal audit SMK3 ini maka perusahaan dapat mengetahui keefektifan pelaksanaan SMK3 serta mengetahui kinerja penerapan SMK3 di perusahaan. Tak hanya itu, internal audit SMK3 ini juga dilakukan untuk membuat perbaikan-perbaikan atau evaluasi pada perusahaan. Dari hasi internal audit inilah yang menjadi bahan masukan untuk management review yang disyaratkan dalam SMK3.

Dalam pelaksanaannya, juga terdapat teknik audit SMK3 yang perlu diperhatikan. Adapun prinsip-prinsip dasar yang harus diterapkan di dalam audit SMK3 ini di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Penetapan kebijakan K3
  • Perencanaan penetapan K3
  • Penerapan K3
  • Pengukuran, pemantauan dan evaluasi kinerja K3
  • Peninjauan secara teratur untuk meningkatkan kinerja K3 secara berkesinambungan

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan audit SMK3 juga terdapat beberapa tahapan yang perlu diketahui, di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Pertemuan pembuka
  • Proses audit SMK3
  • Pertemuan tim auditor SMK3
  • Pertemuan penutup
  • Penyusunan laporan Audit SMK3

Karena pentingnya internal audit SMK3 ini maka banyak perusahaan yang melaksanakan pelatihan atau training internal audit SMK3. Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mengikuti pelatihan tersebut di antaranya ialah seperti memahami persyaratan dalam Sistem Manajemen K3 (SMK3), para calon auditor juga akan mengetahui tentang apa dan kenapa internal audit itu penting di dalam perusahaan. Kemudian, para calon auditor akan mampu melaksanakan internal audit SMK3 ini secara efektif.

Dalam hal ini, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi yang tepat untuk perusahaan ataupun industri yang ingin memberikan pelatihan tentang internal audit dan teknik audit SMK3. Dengan segudang pengalaman dalam bidang pelatihan ataupun sertifikasi di berbagai bidang, Ayana Duta Mandiri tentu menjadi mitra yang sangat bisa diandalkan dalam urusan pelatihan internal audit dan teknik audit SMK3.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?