Ayana Duta Mandiri

Implementasi ISO 9001:2015 (Quality Management System)

ISO 9001 merupakan standar internasional yang membahas mengenai beberapa kriteria Sistem Manajemen Mutu agar organisasi dari berbagai ukuran dapat memberikan produk atau layanan yang berkualitas dan konsisten kepada pelanggannya.ISO 9001 ini sendiri telah diterima secara internasional mampu membawa banyak manfaat bagi organisasi yang menerapkannya.

Sama halnya dengan standar internasional lainnya, dalam pengimplementasian kriteria-kriteria yang ada didalamnya, dibutuhkan beberapa aktivitas review untuk mencapai standar yang baik dan bersifat umum. ISO 9001:2015 (Quality Management System) sendiri sudah termasuk revisi keempat yang dilakukan terhadap standar ISO 9001 ini dengan pendekatan berbasis risiko atau risk based thinking.

Pentingnya Pengimplementasian ISO 9001:2015 (Quality Management System)

ISO 9001 pada dasarnya mencangkup sejumlah prinsip manajemen mutu, seperti keterlibatan manajemen, fokus pelanggan, definisi konteks organisasi, serta perbaikan terus-menerus dan berkesinambungan.Semua komponen ini tentunya memiliki peran penting dalam Standar Manajemen Mutu. Namun, khusus dalam menjaga kualitas produk dan jasa dalam jangka waktu lama agar tetap sesuai dengan harapan pelanggan, ada beberapa bagian dari ISO 9001:2015 (Quality Management System) ini yang harus diberikan perhatian khusus, diantaranya:

  • Informasi terdokumentasi
  • Pengendalian penyediaan layanan dan perubahan
  • Kompetensi dan kesadaran
  • Audit internal
  • Kepuasan pelanggan

Training ISO 9001:2015 (Quality Management System)

Perubahan standar ISO 9001 dari versi terdahulu ke versi terbarunya saat ini, yaitu ISO 9001:2015, termasuk cukup signifikan. Pasalnya, dalam versi terbarunya saat ini, terdapat perubahan mendasar, seperti munculnya pengelolaan risiko (risk management) untuk menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.Dengan pendekatan berbasis risiko atau risk based thinking, ISO 9001:2015 (Quality Management System) menjadi salah satu toolpenting bagi suatu organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan kinerja operasionalnya secara cepat dan terukur.

Untuk memaksimalkan pengimplementasian dari standar manajemen tersebut, maka setiap perusahaan wajib melakukan training atau pelatihan khusus yang membahas seputar kriteria-kriteria yang ada dalam standar tersebut. PT. Ayana Duta Mandiri dapat menjadi mitra yang tepat bagi suatu perusahaan yang akan memberikan bekal pemahaman ISO 9001 ini kepada para pekerjanya yang terlibat. Perusahaan ini telah memiliki segudang pengalaman dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan sebagai konsultan manajemen yang ahli di bidangnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?