Ayana Duta Mandiri

Gambar Audit energy

Pengertian audit energi menurut ISO 50002 versi 2014 dapat didefinisikan sebagai suatu analisis yang bersifat sistematis dalam ruang lingkup auditterhadap pemanfaat energi (energy use) dan konsumsi energi (energy consumption). Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa ISO 50002:2014 (Audit Energy) berisi persyaratan yang menyangkut peluang-peluang peningkatan kinerja energi dalam organisasi.

Standar ini menggunakan pendekatan yang holistik dalam menguraikan kerangka kerja yang melibatkan organisasi, analisis energi, penilaian fasilitas, dan rencana-rencana untuk mengurangi konsumsi energi.Agar lebih detailnya mengenai bagaimana tujuan dan pentingnya pengimplementasian standar ini, berikut adalah beberapa ulasannya.

Pentingnya ISO 50002:2014 (Audit Energy)

Audit energi secara umum terdiri dari analisis rincian tentang kinerja energi dalam suatu organisasi yang meliputi peralatan hingga sistem atau prosesnya. Sedangkan, kinerja energi sendiri secara istilah merupakan hasil yang terukur mengenai konsumsi energi (energy consumption), pemanfaatan energi (energy use),hingga efisiensi energi (energy efficiency).Kegiatan audit energi dapat dilakukan berdasarkan atas observasi dan pengukuran yang tepat dan sesuai terhadap kinerja energi. Kegiatan audit ini diselenggarakan atas dasar beberapa tujuan, diantaranya yaitu:

  • Mengadakan identifikasi, kuantifikasi, serta pelaporan peluang-peluang improvement kinerja energi
  • Mengurangi pemborosan energi
  • Mendapatkan manfaat terkait isu lingkungan.

Sementara itu, ISO 50002:2014 (Audit Energy) dalam hal ini bertujuan untuk memberikan ruang tersendiri bagi pendekatan, ruang lingkup, batasan, hingga tujuan dari audit yang dilaksanakan.Standar audit energi ini juga dimaksudkan untuk mengharmonisasikan aspek-aspek umum audit energi dalam rangka peningkatan kejelasan dan transparansi dalam audit.

Training ISO 50002:2014 (Audit Energy)

Untuk pengimplementasian standar audit ini secara lebih maksimal, maka dibutuhkan suatu upaya berupa pemberian training atau pelatihan terhadap semua pihak yang nantinya akan terlibat dalam aktivitas audit energi tersebut dalam suatu organisasi. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk memberi pemahaman mengenai kriteria-kriteria yang terdapat dalam ISO 50002:2014 (Audit Energy) agar dapat diperoleh suatu persiapan dalam menghadapi kegiatan audit energi sebagai bentuk pengimplementasian standar ISO 50001:2014 tersebut.

Agar upaya tersebut dapat berjalan dan memberikan hasil sebagaimana mestinya, dibutuhkan keterlibatan pihak-pihak yang memang telah ahli didalamnya. PT. Ayana Duta Mandiri sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pendidikan dan pelatihan dapat menjadi partner terbaik dalammerealisasikan upaya tersebut.Sebab, perusahaan ini telah memiliki segudang pengalaman dalam menjadi konsultan manajemen pada berbagai bidang, termasuk yang menyangkut dengan standar manajemen internasional ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?