Ayana Duta Mandiri

Gambar Environmental Management Systems

ISO 14001 merupakan sekelompok standar yang berbicara mengenai berbagai aspek manajemen lingkungan. Standar manajemen mutu ini secara periodik harus melalui proses yang komprehensif dalam pengimplementasiannya. ISO 14001 ini sendiri telah mengalami beberapa kali revisi, yakni di tahun 1996 dan 2004. Sementara yang sedang diberlakukan saat ini adalah hasil revisi final tahun 2015.

Penerapan ISO 14001:2015 (Environmental Management Systems – EMS) ini cukup penting bagi suatu perusahaan dalam upaya meningkatkan kepercayaan pihak internal maupun eksternal bahwa dampak lingkungan atas segala aktivitas atau kegiatan yang dilakukan akan secara terus menerus diukur, dikelola, dan diperbaiki. Agar lebih memahaminya, berikut adalah beberapa ulasan mengenai hal ini.

Pentingnya ISO 14001:2015 (Environmental Management Systems – EMS)

Pada dasarnya, ISO 14001:2015 (Environmental Management Systems – EMS) ini berisi tentang beberapa persyaratan dalam penerapan sistem manajemen di bidang lingkungan. Meskipun tidak sepenuhnya berbicara mengenai kriteria-kriteria lingkungan yang dianggap ideal atau sesuai yang diamanatkan perundang-undangan tertentu, namun standar ini cukup krusial karena memberikan peta penerapan sistem manajemen lingkungan yang efektif.

Karena persyaratan-persyaratan yang terangkum didalamnya bersifat umum, standar ini dapat diterapkan pada semua jenis dan ukuran organisasi, kondisi geografis, budaya, hukum, serta lingkungan sosial yang beragam. Namun detail penerapan dan kompleksitasnya tetap bergantung pada jenis, ukuran, dan karakteristik organisasi atau perusahaan bersangkutan. Pada intinya, penerapan sistem manajemen lingkungan ini dapat mendorong perusahaan untuk terus berkomitmen menghasilkan produk dan jasa yang ramah terhadap lingkungan.

Training ISO 14001:2015 (Environmental Management Systems – EMS)

Training ISO 14001:2015 (Environmental Management Systems – EMS) akan sangat membantu suatu perusahaan dalam memberikan arahan dan pemahaman kepada para anggotanya dalam menyiapkan dan menyusun dokumentasi yang teruji sebagai dasar pengimplementasian, pengevaluasian, serta strategi implementasi standar ISO 14001 tersebut. Adapun manfaat dari training ini, yakni:

  • Memberikan perlindungan terhadap lingkungan
  • Terciptanya peluang akan pemasaran produk atau layanan yang baru
  • Meningkatkan performance dan kapabilitas perusahaan
  • Menunjukkan loyalitasnya terhadap persyaratan hukum lingkungan
  • Peningkatan fokus manajemen serta pengurangan biaya
  • Meningkatkan kualitas kesadaran ramah lingkungan kepada seluruh karyawan

Untuk menyukseskan pengimplementasian sistem manajemen lingkungan ISO 14001 ini melalui sebuah training, Anda dapat mengandalkan PT. Ayana Duta Mandiri sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Pasalnya, perusahaan ini telah memiliki segudang pengalaman dalam menjadi konsultan manajemen, terutama pada bidang keselamatan dan keamanan kerja, tak terkecuali menyangkut pemahaman mengenai sistem manajemen lingkungan yang terukur ini.

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?