Ayana Duta Mandiri

gambar Energy Management

ISO 50001 merupakan standar manajemen energi yang digunakan untuk pengelolaan kinerja energi, melingkupi efisiensi serta konsumsi energi. Standar ini menggunakan pendekatan siklus Plan, Do, Check, Action dalam upaya perbaikan yang berkelanjutan dan bisa dimanfaatkan oleh suatu perusahaan dalam upaya mengurangi penggunaan energi, biaya, dan emisi gas rumah kaca.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) saat ini juga telah merilis standar sistem manajemen energi versi terbaru dan telah direvisi, yaitu ISO 50001:2018 (Energy Management). Standar manajemen versi terbaru ini telah mengikuti kerangka kerja ISO dan High Level Structure (HLS), sehingga akanebih mudah untuk terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya, seperti ISO 9001 dan ISO 14001.

Pentingnya Pengimplementasian ISO 50001:2018 (Energy Management)

ISO 50001:2018 (Energy Management) dirancang untuk membantu suatu perusahaan dalam menggunakan aset energinya dengan lebih baik.Selain itu, standar ini juga bertujuan mengevaluasi dan memprioritaskan penggunaan teknologi hemat energi agar mampu meningkatkan tingkat efisiensi pada seluruh rantai suplai.

Penerapan standar manajemen energi ini juga pada dasarnya dimaksudkan untuk mengurangi dampak lingkungan dan emisi gas rumah kaca, serta biaya energi lainnya melalui pengelolaan yang sistematis.Standar inipun berlaku untuk semua organisasi dari berbagai jenis dan ukuran, terlepas dari kondisi geografisnya, budaya, hingga sosial.

Training ISO 50001:2018 (Energy Management)

Pengimplementasian ISO 50001:2018 (Energy Management) ini sangat bergantung pada komitmen dari semua pihak dalam lingkup organisasi atau perusahaan. Standar ini juga menetapkan beberapa persyaratan dalam pengimplementasiannya, yang meliputi pengukuran, praktik desain dan pengadaan peralatan, dokumentasi dan pelaporan, serta sistem, proses dan personil yang berkontribusi dalam kinerja energi. Kriteria-kriteria tersebut berlaku untuk semua variabel yang berpengaruh terhadap kinerja energi yang dapat dipantau dan dipengaruhi oleh organisasi tersebut, meskipun tidak secara langsung menentukan kriteria kinerja energi yang lebih spesifik.

Untuk memperoleh seluruh kriteria-kriteria tersebut, maka suatu perusahaan dapat melakukan aktivitas berupa pelatihan atau training yang membahas seputar hal-hal yang bersangkutan dengan standar manajemen tersebut.Aga memperoleh hasi yang maksimal, penyelenggaraan training tersebut harus melibatkan pihak yang memang telah ahli dalam bidang bersangkutan.PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi pilihan mitra yang tepat bagi setiap perusahaan yang membutuhkan layanan training seputar topik ini.Perusahaan ini telah berpengalaman di bidangnya dalam menjadi konsultan manjemen, termasuk yang berkaitan dengan standar manajemen energi ISO 50001:2018

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?