PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

HAZID (Hazard Identification)

Gambar HAZID (Hazard Identification)

Hazard Identification atau kerap dikenal dengan istilah HAZID adalah istilah yang berkaitan dengan proses pengidentifikasian bahaya oleh sebuah pabrik ataupun industri. Pengidentifikasian bahaya dalam hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir segala hal yang berpotensi merusak atau mengganggu fasilitas yang ada dalam suatu pabrik atau industri tersebut. Berbicara mengenai keselamatan dan keamanan lingkungan kerja pastimerupakan suatu hal yang sangat penting, karena akan selalu mempengaruhi produktivitas, investasi, hingga nama baik suatu perusahaan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan atau industri sudah semestinya akrab dengan istilah HAZID (Hazard Identification) ini.

Mengenal Apa Itu HAZID

HAZID (Hazard Identification) merupakan studi tentang perhitungan suatu bahaya yang mungkin terjadi dari semua proses maupun non proses yang berhubungan dengan fasilitas yang ada dalam suatu pabrik. Penerapan studi ini dapat berguna dalam merancang serta mengatur segala hal yang berkaitan dengan isu keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja.Adapun bentuk pengimplementasian HAZID ini yakni segala hal yang mencangkup mesin atau desain peralatan tertentu yang digunakan hingga manajemen penggunaannya hingga akhir.Metode pengidentifikasian bahaya ini bertujuan untuk memastikan segala bahaya atau resiko yang bisa saja terjadi untuk selanjutnya dapat dirancang tindakan pengendalian dan pencegahannya.

Pelatihan HAZID

Setelah mengenal pentingnya studi HAZID ini untuk diterapkan dalam suatu lingkungan kerja, maka tak mengherankan jika beberapa perusahaan kerap mengadakan pelatihan untuk menangani masalah ini kepada para pekerjanya. Adapun manfaat yang dapat diperoleh melalui pelatihan HAZID (Hazard Identification) ini, diantaranya:

    • Mengungkap potensi bahaya sebelum terjadi.
    • Membuka proyeksi akan tindakan pengendalian dan pencegahan
    • Menghindari kerugian dan menghemat anggaran
    • Mempermudah dalam pemprioritasan tindakan pengendalian.

PT. Ayana Duta Mandiri sebagai lembaga penyedia layanan pendidikan dan pelatihan dapat menjadi solusi jika perusahaan Anda sedang mencari mitra untuk bersama-sama berkontribusi dalam pengembangan K3, khususnya penerapan HAZID ini.Perusahaan ini telah memiliki banyak pengalaman dalam menjadi konsultan manajemen Safety atau K3 di lingkungan kerja di berbagai bidang perindustrian. Sehingga melalui kerjasama atas dasar menjaga keselamatan kerja dengan kemampuan mengidentifikasi resiko atau bahaya yang dapat terjadi di masa depan, PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi mitra yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?