Sertifikasi Kemnaker 12 – Ahli K3 Umum

Online
Pengantar Program

Sesuai dengan undang-undang, setiap perusahaan harus melakukan upaya K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Tujuan dari K3 yaitu untuk melindungi serta menjamin keselamatan tenaga kerja dan orang lain yang ada di tempat kerja. Guna melakukan upaya K3 tersebut maka dibutuhkan tenaga K3 seperti ahli K3 umum yang kompeten. Adanya ahli K3 umum bisa membantu dalam mengembangkan dan melaksanakan program K3 dalam perusahaan.

Perusahaan yang memiliki Ahli K3 umum akan meningkatkan citranya sebagai perusahaan yang melindungi tenaga kerjanya. Program K3 perusahaan yang berjalan dengan baik bisa membuat tenaga kerja merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Ini tentunya dapat mendorong pekerja untuk bekerja secara optimal. Perusahaan juga dapat mengurangi risiko kerugian yang terjadi akibat kecelakaan dan penyakit di tempat kerja.

Ahli K3 umum yang kompeten perlu melalui pelatihan khusus. Adanya pelatihan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh Ahli K3 umum.

Tujuan Program
  1. Mampu menjadi ahli K3 umum yang memiliki kompetensi dan memenuhi perundangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  2. Mampu mendukung penerapan Sistem Manajemen K3 di tempat kerja.
  3. Mampu mendukung penyelesaian masalah K3 di tempat kerja.
  4. Mampu mendukung pelaksanaan proses konsultasi K3.
  5. Mampu mendukung pelaksanaan strategi pengendalian risiko K3.
  6. Mampu mendukung pengendalian bahaya K3.
  7. Mampu melakukan identifikasi bahaya dan risiko di tempat kerja.
  8. Mampu mendukung penerapan higiene industri untuk mengendalikan risiko di lingkungan kerja.
  9. Mampu mendukung penerapan prinsip kesehatan kerja untuk mengendalikan risiko di lingkungan kerja.
Materi Ahli K3 Umum

Peraturan perundangan dan pedoman yang terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, antara lain:

  1. Undang-Undang No.1 tahun 1970, tentang Keselamatan Kerja
  2. Undang-Undang Ketenagakerjaan, Perlindungan Konsumen, Migas, Ketenagalistrikan, dan lain-lain

Beberapa materi pengetahuan terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja antara lain:

  1. Pengetahuan dasar K3.
  2. Kecelakaan akibat kerja.
  3. Penyakit akibat kerja.
  4. Analisis risiko dan pengendaliannya.
  5. Sistem Manajemen K3.
  6. Personal hygiene dan sanitasi lingkungan.
  7. Analisis kecelakaan dan pelaporan.
Download

Untuk Informasi lebih detail tentang program training yang kami selenggarakan, silahkan download silabus & jadwal public training satu tahun

Schedule Sertifikasi Kemnaker & BNSP Tahun 2022

Form Pendaftaran Peserta Public Training
[caldera_form id="CF60501897ed5a4"]

Sertifikasi Kemnaker 12 – Ahli K3 Umum

Online
Pengantar Program

Training Basic First Aid (P3K) + Bonus Esertifikat Occupational Health In Oil & Gas and Mining Safety (Total dapat 2 Esertifikat)
PT. Ayana Duta Mandiri http://ayanadutamandiri.co.id membuka training Basic First Aid – P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), dalam pelatihannya peserta dapat mengetahui pentingnya memberikan pertolongan pertama pada Kecelakaan seperti kejadian henti Nafas ataupun henti Jantung apabila terjadi di site Oil & Gas, Pertambangan (Mining) ataupun di Rumah maupun di Remote Area.
Pelatihannya secara online dan terbuka untuk umum, sangat baik untuk start awal ketika bekerja di Industri besar maupun menengah nantinya baik untuk Karyawan maupun Mahasiswa

Tujuan Program

1. Mampu memahami peran, tugas, dan wewenang sebagai Manajer SDM.
2. Mampu menguasai konsep teoritis bidang Manajemen SDM secara mendalam.
3. Mampu mengembangkan kebijakan yang terkait dengan Manajemen Sumber Daya Manusia sesuai dengan strategi organisasi.
4. Mampu mengkoordinasi dan memfasilitasi proses untuk terbentuknya budaya organisasi.
5. Mampu mengelola fungsi MSDM dan memfasilitasi tim manajemen agar kebijakan dilaksanakan secara efektif dan konsisten.
6. Mampu mewakili organisasi untuk berinteraksi dengan pihak luar organisasi.
7. Mampu melakukan evaluasi dan memberi rekomendasi strategis pada manajemen organisasi.
8. Mampu mengusulkan anggaran dan sumber daya untuk kebutuhan Manajemen SDM.
9. Mampu memiliki kompetensi dan sikap kerja yang dibutuhkan sebagai HR manager.
10. Mampu menjadi HR manager yang mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku.

Materi HR Manager
  1. Mengetahui persyaratan dan pemenuhan terhadap peraturan perundangan di tempat kerja.
  2. Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja.
  3. Mampu mengidentifikasi obyek pengawasan K3.
  4. Mampu menjelaskan tujuan sistem managejemen K3 (SMK3).
  5. Mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur pencapaian.
  6. Mampu menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan.
  7. Mampu menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyiapkan laporan kecelakaan kepada pihak terkait.
  8. Mengenal P2K3, tugas, tanggung jawab dan wewenang organisasi.
  9. Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 di itngkat perusahaan Nasional dan Internasional.
Download

Untuk Informasi lebih detail tentang program training yang kami selenggarakan, silahkan download silabus & jadwal public training satu tahun

Schedule Sertifikasi Kemnaker & BNSP Tahun 2022

Form Pendaftaran Peserta Public Training
[caldera_form id="CF60501897ed5a4"]