Pelatihan K3 Kebakaran Kelas D

April 11, 2022 - April 14, 2022
08:00 - 17:00
Pengantar Program

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di lingkungan kerja. Maka dari itu, diperlukan pelatihan yang tepat pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) jika terjadi kebakaran. Pelatihan kebakaran kelas D sendiri merupakan kejadian kebakaran yang dapat dipadamkan dengan menggunakan media pemadam seperti sodium, klorida, granit, atau serbuk kimia khusus lainnya. Kebakaran kelas D sendiri merupakan peristiwa kebakaran pada benda berbahan dasar seperti metal atau logam padat lainnya.

Dalam penanganan kebakaran tipe D perlu dilakukan dengan berhati-hati dan diperlukan penanganan secara khusus. Kebakaran tipe ini perlu dilakukan dengan media pemadam yang memiliki sifat mendinginkan, dan tidak bisa dipadamkan menggunakan CO2 atau air karena memiliki potensi akan adanya ledakan yang memperbesar api.

Pada klasifikasi alat pemadam kebakaran, untuk kebakaran dengan kelas D hanya dapat ditanggulangi dengan menggunakan Metal Fire Extinguisher yang memiliki desain secara khusus dalam menghadapi kebakaran yang disebabkan metal dan logam. Biasanya alat pemadam yang satu ini memiliki panel yang berwarna biru yang berada tepat pada kolom petunjuk penggunaan alat pemadam.

  1. Memahami awal mula pemicu kebakaran dan cara penyebarannya;
  2. Memberikan penilaian terhadap tingkatan resiko;
  3. Meminimalkan kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran;
  4. Membuat rancangan sistem yang mampu memberikan proteksi jika terjadi kebakaran;
  5. Melakukan evaluasi dalam konsep proteksi kebakaran beserta sistemnya.
Follow Instagram kami untuk mengetahui informasi seputar kegiatan lebih lanjut
Download

Untuk Informasi lebih detail tentang program training yang kami selenggarakan, silahkan download silabus & jadwal public training satu tahun

Schedule Sertifikasi Kemnaker & BNSP Tahun 2022

Form Pendaftaran Peserta Public Training