K3 Crane Kelas III

June 6, 2022 - June 8, 2022
08:00 - 08:00
Pengantar Program

Perkembangan teknologi dalam bidang pesawat angkat dan angkut, khususnya crane membuat proses produksi menjadi semakin efektif dan efisien. Namun, jika hal ini tidak disertai dengan personel yang kompeten tentu dapat mengakibatkan risiko kerja.

Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memproteksi tenaga kerja dari kecelakaan kerja yang dapat mengakibatkan kerugian baik materiil maupun jiwa.

Demikian halnya dengan pengoperasian crane kelas III mesti dilakukan oleh operator yang memiliki keahlian khusus dan kewenangan dalam bidang K3 sebagaimana yang diatur dalam ketentuan hukum yang berlaku. Peraturan perundang-undangan mensyaratkan operator crane kelas III mesti berkualifikasi serta bersertifikat yang menerangkan tentang kompetensinya dalam bidang tertentu dan memiliki lisensi K3.

Peserta mengetahui ketentuan undang-undang yang mengatur K3, terutama K3 dalam bidang pesawat angkat dan angkut.

Peserta memahami tugas dan kewenangannya diantaranya adalah:

  • Menerapkan dan mematuhi ketentuan K3 dalam mengoperasikan crane;
  • Menerapkan mekanisme dan ketentuan-ketentuan K3 saat bekerja;
  • Melakukan pengecekan terkait kondisi, alat pengaman, dan sarana pendukung lainnya terlebih dahulu sebelum mengoperasikan crane.
  • Mengetahui sebab-sebab kecelakaan kerja dari penggunaan crane dan langkah antisipasi yang perlu dilakukan ketika hal tersebut terjadi.

Peserta mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan dalam bekerja terkait dengan pengoperasian crane yang sesuai standar.

Follow Instagram kami untuk mengetahui informasi seputar kegiatan lebih lanjut
Download

Untuk Informasi lebih detail tentang program training yang kami selenggarakan, silahkan download silabus & jadwal public training satu tahun

Schedule Sertifikasi Kemnaker & BNSP Tahun 2022

Form Pendaftaran Peserta Public Training