Ayana Duta Mandiri

gambar CONFINED SPACE

Apapun jenis pekerjaan seseorang, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan hal terpenting yang harus diperhatian lebih. Risiko pekerjaan selalu ada dengan bentuk yang berbeda-beda.

Seperti pekerjaan di ruang terbatas atau confined space yang sangat berisiko tinggi jika tidak mengikuti aturan yang berlaku. Potensi bahaya yang ada pada saat bekerja di confined space sangat beragam macamnya. Salah satunya seperti kekurangan oksigen, lantai licin, gas beracun, suhu ekstrem dan lain sebagainya.

Jenis pekerjaan yang harus menempuh risiko confined space pun banyak. Seperti pemeliharaan kebersihan, pengelasan logam, penyelamatan dan perbaikan mesin atau ruangan hingga sekadar pemeriksaan serta ragam jenis pekerjaan lainnya.

Oleh karena itu, siapapun yang bekerja di confined space harus memahami prosedur dan aturan yang berlaku sebelum terjun ke lapangan. Berikut ini beberapa aturan penting untuk melaksanakan pekerjaan di confined space.

Memahami Syarat-Syarat Bekerja di Confined Space

Persyaratan untuk melakukan sesuatu, dibuat untuk menghindari atau mengurangi risiko yang berpotensi bahaya kepada pelaksananya. Salah satu syarat untuk bekerja di ruang terbatas adalah adanya pengurus lokasi untuk melakukan identifikasi dan evaluasi terhadap tempat bekerja untuk menentukan apakah perlu permintaan izin khusus atau tidak.

Sistem Perizinan Harus Sesuai Aturan

Sistem perizinan untuk bekerja di confined space umumnya merupakan prosedur tertulis yang dikeluarkan oleh pengurus. Tujuannya adalah mempermudah dalam persiapan mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan, atau sebaliknya menghentikan kegiatan dalam ruang terbatas dengan izin khusus.

Membuat Program Khusus Untuk Bekerja di Confined Space

Ketersediaan lokasi untuk pekerjaan confined space dengan izin khusus diperlukan pengelolaan oleh pihak tertentu dalam suatu kepengurusan.

Pelatihan Untuk Pekerja Sebelum Masuk Ruang Terbatas

Demi pelaksanaan kegiatan yang aman dan menjamin keselamatan bekerja di ruang terbatas, maka pekerja perlu mendapatkan pembekalan pengetahuan dan pemahaman dalam bertindak berupa pelatihan khusus.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi yang tepat bagi industri atau perusahaan yang membutuhkan pelatihan untuk menanamkan kesadaran akan resiko bekerja di confined space.

Perusahaan ini menyediakan jasa keselamatan dan kesehatan dalam bekerja dan telah berpengalaman dalam mendukung pengembangan budaya Safety di lingkungan kerja organisasi maupun non organisasi di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?