Ayana Duta Mandiri

Gambar Behavior Based Safety (BBS)

Salah satu bagian penting dalam Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) adalah mempromosikan tata cara perilaku aman di tempat kerja. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena fakta menunjukkan kalau sistem yang sudah berjalan belum menjamin kalau seluruh aspek pendukung K3 telah sukses diterapkan. Oleh karena itu, tingkat keberhasilan hanya bisa diraih jika perusahaan atau lembaga dapat membangkitkan aspek K3 menjadi budaya di lingkungan mereka.

Sejak Tahun 1984, Behaviour Based Safety (BBS) terbukti sukses dan sangat efektif dalam mengurangi kecelakaan kerja. Behaviour Based Safety (BBS) merupakan langkah dan upaya pencegahan kecelakaan kerja secara proaktif yang difokuskan pada at Risk Behavior/perilaku berbahaya yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Data dari statistik kecelakaan kerja menunjukkan kalau lebih dari 85% kecelakaan diakibatkan oleh unsafe action (perilaku berbahaya). Dengan keberadaan Behaviour Based Safety (BBS), unsafe action sebagai penyebab kecelakaan dapat dikurangi sehingga nol kecelakaan kerja (zero accident) bisa tercapai.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan proses yang senantiasa dilakukan secara berkesinambungan, yang mesti melibatkan berbagai pihak yang terdapat dalam perusahaan atau lembaga tersebut. Sehingga, masing-masing individu di dalamnya betul-betul menerapkan perilaku yang berbasis Keselamatan (BBS). Dengan begitu, budaya K3 di perusahaan bisa tercapai.

PT.Ayana Duta Mandiri dapat membantu perusahaan dalam menerapkan dan mengelola risiko serta peluang terkait Behaviour Based Safety (BBS). Ayana Duta Mandiri sendiri merupakan perusahaan yang sudah lama berkecimpung di bidang konsultan manajemen dan sudah memiliki segudang pengalaman dalam hal mengembangkan, mengoptimalkan, maupun mengimplementasikan budaya K3 di perusahaan.

Tujuan:

Tujuan utama yang diinginkan dari Behaviour Based Safety (BBS) mencakup dua hal penting dan utama, yaitu :

  1. Untuk menilai sejauh mana maturity level budaya K3 dan sistem manajemen K3 diimplementasikan di tempat kerja.
  2. Memberikan rekomendasi bagaimana bertindak sebagai langkah perbaikan dan pencegahan dalam rangka meningkatkan budaya K3 yang nantinya akan memberi pengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kecelakaan maupun peningkatan kinerja K3 perusahan.

Sasaran:

Adapun sasaran utama yang diinginkan dengan Behaviour Based Safety (BBS) adalah terwujudnya penerapan BBS di seluruh sektor kerja perusahaan maupun lembaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?