PT. Ayana Duta Mandiri – Konsultan, Pelatihan K3, Inspeksi dan Sertifikasi

Basic safety lifting sangat erat kaitannya dengan bidang K3. Seperti yang telah diketahui bahwa lifting ialah proses pengangkatan barang atau benda dengan menggunakan pesawat angkut. Tidak bisa dipungkiri jika pada proses pengangkatan tersebut bisa saja menimbulkan resiko atau bahaya bagi para pekerja yang sedang melakukan aktifitas tersebut.  Terlebih, saat ini proses pembangunan di berbagai bidang konstruksi maupun industry semakin gencar dilaksanakan. Tentu dengan semakin meningkatnya pembangunan tersebut juga membutuhkan penggunaan pesawat angkat maupun angkut.

Pada proses pembangunan juga dikenal beberapa alat ringan seperti pulley, chain block, atau crane yang merupakan alat bantu dengan bentuk yang lebih kompleks lagi. Dalam proses kerjanya, pengangkatan menggunakan alat-alat tersebut tentulah memiliki resiko yang sangat besar yang bisa menyebabkan banyak kegagalan hingga kefatalan. Sebut saja kerusakan properti, pencemaran lingkungan hingga yang lebih berbahaya lagi yaitu terjadinya kecelakaan kerja. Sebenarnya ada beberapa faktor yang memicu kegagalan ataupun kecelakaan dalam proses pengangkatan tersebut. Beberapa di antaranya seperti cuaca atau bencana alam, perencanaan yang kurang matang, kegagalan peralatan, hingga SDM yang tidak memenuhi syarat.

Lifting juga berhubungan dengan rigging di mana seorang operator tentu tidak akan lepas dengan yang namanya aktifitas ikat mengikat. Aktifitas ikat mengingat inilah yang disebut dengan rigging. Dalam aplikasinya di lapangan, pekerjaan ini memiliki aturan penggunaan peralatan kerja. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan para juru ikat atau rigger serta menjaga keselamatan para pekerja yang lainnya pula di lapangan. Demi menghindari resiko buruk yang mungkin akan terjadi di lapangan. Diperlukan langkah yang tepat untuk meminimalisir berbagai resiko tersebut.

PT. Ayana Duta Mandiri bisa menjadi solusi untuk para pelaku industry yang membutuhkan pelatihan kepada para pekerjanya mengenai basic safety lifting. Tak hanya itu, Ayana Duta Mandiri telah memiliki banyak pengalaman dalam menyediakan berbagai macam pelatihan keselamatan kerja yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan hingga saat ini. Perusahaan yang fokus dalam bidang konsultan, training hingga sertfikasi ini tentu akan menjadi mitra yang tepat untuk perusahaan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?