Ayana Duta Mandiri

Gambar Basic Process Safety

Ada berbagai macam risiko serta bahaya yang dapat terjadi di lingkungan kerja, terutama di perindustrian, seperti kebocoran tak terduga dari zat atau gas beracun, reaktif, dan mudah terbakar, maupun kejadian tak terduga lainnya yang berada diluar kendali pekerja. Hal-hal tersebut termasuk kedalam bentuk ancaman yang dapat menyerang siapa saja dan menjadi penyebab kecelakaan kerja.

Untuk penanganan hal-hal tersebut, maka dibutuhkanlah suatu standar manajemen keamanan untuk diterapkan di wilayah kerja yang ada. Standar manajemen tersebut akan berperan penting dalam menjaga dan meminimalisir kondisi yang tak terduga penyebab segala bentuk kecelakaan kerja di setiap proses perindustrian. Salah satu jenis standar yang bisa digunakan, yaitu Basic Process Safety.

PentingnyaBasic Process Safety

Secara garis besar, basic safety merupakan elemen dasar dari suatu Standar atau Sistem Manajemen Keselamatan dalam suatu Organisasi atau Perusahaan dalam upaya untuk mengontrol keamanan dan keselamatan di tempat kerja. Sehingga, dapat diartikan bahwa Basic Process Safety merupakan suatu sistem manajemen yang dapat diberlakukan oleh suatu perusahaan atau industri melalui pendekatan yang proaktif dalam upaya mengidentifikasi serta memberikan pemahaman dan pengendalian bahaya yang dapat berasal dari seluruh aktivitas atau proses yang dilakukan di lingkungan pekerja.

Sistem manajemen ini pada dasarnya ditujukan sebagai bentuk tindakan perlindungan bagi para pekerja.Adapun alur dari proses sistem manajemen ini dititikberatkan pada upaya pencegahan, persiapan, respon, mitigasi, serta upaya pemulihan dari kondisi yang telah terjadi.

Training Basic Process Safety

Setelah mengenal tentang bagaimana perlunya suatu sistem manajemen dalam mengontrol keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan yakni memberikan pelatihan atau training kepada para pekerjanya mengenai Basic Process Safety.Upaya pelatihan ini dirancang khusus untuk membekali para karyawan atau pekerja dengan keterampilan dasar yang memungkinkan mereka dapat bekerja dengan kondisi yang aman, serta mampu menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja.

PT. Ayana Duta Mandiri juga dapat turut berkontribusi dalam hal ini, yakni untuk membantu perusahaan dalam menerapkan Basic Process Safety di lingkungan kerjanya.Perusahaan ini telah berpengalaman dalam menjadi konsultan manajemen, terutama dalam lingkup mengelola bahaya, risiko, serta pengendaliannya di tempat kerja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka Diskusi
Ada yang bisa dibantu??
Hallo
Ada yang bisa dibantu?